Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90178
Title: Aplikasi Metode CHAID dalam Analisis Segmentasi Pasar pada Pengguna Handphone Samsung.
Authors: Sumertajaya, I Made
Silvianti, Pika
Santoso, Wiwoho Aji
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Segmentasi pasar merupakan suatu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh produsen untuk mengevaluasi produk dan membantu untuk menentukan target pasar. Statistika menyediakan banyak metode untuk riset-riset segmentasi. Salah satu metode statistika untuk riset segmentasi adalah analisis CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection analysis). Analisis CHAID akan menghasilkan diagram pohon keputusan yang menyediakan informasi tentang derajat hubungan antara peubah respon terhadap peubah penjelas dan informasi mengenasi karakteristik segmen. Dalam penelitian ini, CHAID digunakan untuk menentukan segmentasi pasar pada pengguna handphone Samsung dalam ruang lingkup Mahasiswa S1 IPB angkatan 53 dan menentukan target pasar dari segmen yang terbentuk. Berdasarkan hasil analisis CHAID didapatkan 10 segmen yang terbentuk, dari 10 segmen yang terbentuk ada tiga segmen yang dijadikan acuan dalam menetukan target pasar untuk calon pengguna handphone Samsung. Segmen-segmen tersebut terbentuk dari beberapa peubah, yaitu jumlah pengeluaran rata-rata per bulan, manfaat handphone, jumlah pendapatan rata-rata per bulan, asal daerah, jenis kelamin, dan sumber dana.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90178
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G17was.pdf
  Restricted Access
10.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.