Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89989
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNawawi-
dc.contributor.advisorDeded, Sarip-
dc.contributor.authorSaskia, Tasya-
dc.date.accessioned2018-01-31T06:35:29Z-
dc.date.available2018-01-31T06:35:29Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89989-
dc.description.abstractKayu dapat dijadikan bahan baku energi biomassa karena memiliki karakteristik yang memenuhi syarat untuk dikembangkan sebagai energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan menguji kadar komponen kimia dan proksimat dari lima jenis kayu sebagai bahan baku energi biomassa. Bahan penelitian terdiri atas kayu jati (Tectona grandis), mangium (Acacia mangium), mindi (Melia azedarach L.), pinus (Pinus merkusii) dan sengon (Paraserianthes falcataria L.). Metode pengujian mengacu pada standar ASTM, SNI, dan TAPPI. Nilai kalor lima jenis kayu berkisar 3750-4347 kkal/kg. Kadar lignin dan alfa selulosa berpengaruh positif terhadap karbon terikat dan nilai kalor dan berpengaruh negatif terhadap kadar zat terbang. Pengaruh positif zat ekstraktif terhadap nilai kalor terindikasi dalam kayu pinus. Kayu pinus memiliki nilai kalor yang tinggi diikuti jati sehingga bisa digunakan sebagai campuran untuk meningkatkan mutu biomassa lain berkalor rendah.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcForest productid
dc.subject.ddcWoodid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleSifat Kimia dan Proksimat Lima Jenis Kayu sebagai Bahan Baku Energi Biomassa.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbiomassaid
dc.subject.keywordkomponen kimia kayuid
dc.subject.keywordnilai kalorid
dc.subject.keywordproksimatid
Appears in Collections:UT - Forestry Products

Files in This Item:
File SizeFormat 
E17tsa.pdf
  Restricted Access
9.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.