Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89763
Title: Analisis Faktor Penentu Keputusan dan Tingkat Kepuasan Konsumen dalam Pembelian Produk Pangan dengan Klaim Fungsi Zat Gizi Melalui Internet.
Authors: Marliyati, Sri Anna
Hardinsyah
Suhandono, Septian
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Penelitian ini dilakukan melalui internet terhadap brand (merek) produk pangan dengan klaim fungsi gizi. Penelitian ini menggunakan Google AdWords dengan kata kunci pencarian pangan, fungsi dan gizi. Terdapat 58 brand produk pangan dengan klaim fungsi gizi yang dipasarkan di dunia internet Indonesia, dari jumlah tersebut dipilih 15 brand secara acak yang memiliki klaim fungsi zat gizi protein. Pada saat pengambilan data, dari 15 opsi brand yang disediakan dalam kuisioner, ternyata hanya 6 brand dibeli oleh responden selama bulan Januari-Februari 2015. Sehingga dalam pengolahan dan analisis data hanya 6 brand yang disertakan. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas dengan menggunakan SPSS 16.0, penghitungan indeks Fishbein dengan STATA 12 dan Importance Performance Analysis dengan menggunakan Microsoft Excel. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa faktor penentu pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk pangan dengan klaim fungsi gizi melalui internet adalah faktor komunitas. Khusus pada kelompok berpendidikan tinggi dan berpenghasilan tinggi, faktor penentu pengambilan keputusan pembelian pangan dengan klaim fungsi gizi adalah faktor klaim fungsi gizi. Disamping itu, sebagian besar konsumen melakukan pembelian produk pangan dengan klaim fungsi gizi melalui online store seperti Lazada, Elevania dan Zalora. Pada umunya konsumen yang melakukan pembelian produk pangan dengan klaim fungsi gizi melalui internet merasa cukup puas. Konsumen dengan usia dan pendidikan lebih tinggi, penghasilan menengah-tinggi dan pekerjaan pegawai swasta merasa kurang puas dalam membeli produk pangan dengan klaim fungsi zat gizi melalui internet, dibanding konsumen dengan status sosial ekonomi lainnya. Titik kritis ketidakpuasan konsumen adalah dalam hal lama pengiriman produk.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89763
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
I17ssu.pdf
  Restricted Access
7.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.