Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89532
Title: Pengembangan Aplikasi Sistem Antrian Berbasis Web pada Service Center Menggunakan Model Antrian M/M/S
Authors: Rachmaniah, Meuthia
Pangeran, Ilman
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Peranan teknologi informasi sangat mendukung kinerja suatu perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil, khususnya pada bidang pelayanan publik. Panjangnya suatu antrian pada layanan service center yang masih menggunakan sistem antrian manual merupakan suatu kekurangan yang ada di era globalisasi ini. Berdasarkan masalah di atas penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan aplikasi sistem antrian berbasis web yang lebih praktis dan efisien dengan menggunakan model antrian M/M/S. Model ini digunakan karena sesuai dengan jumlah loket pelayanan yang lebih dari satu. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi sistem antrian ini adalah metode prototyping. Metode prototyping adalah metode pengembangan yang cepat dengan pengujian terhadap model kerja dari aplikasi baru melalui proses interaksi yang biasanya digunakan oleh para ahli sistem informasi dan ahli bisnis. Penelitian ini menghasilkan sistem antrian yang dapat mencetak tiket antrian secara otomatis, menampilkan informasi promosi produk dan antrian terkini, menjalankan antrian, serta mengetahui jumlah Pelanggan yang telah mendapatkan pelayanan setiap harinya. Penggunaan aplikasi sistem antrian berbasis web telah mempermudah penyedia layanan ataupun Pelanggan untuk melakukan proses pelayanan dan kegiatan transaksi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89532
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
G17ipa1.pdf
  Restricted Access
15.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.