Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89272
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArif, Chusnul-
dc.contributor.advisorRachmawati, Namira Dita-
dc.contributor.authorSalatin, Astri-
dc.date.accessioned2018-01-12T08:05:22Z-
dc.date.available2018-01-12T08:05:22Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89272-
dc.description.abstractBogor sebagai kota wisata akhir pekan memiliki beban yang cukup berat dalam hal volume kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara volume kendaraan di pintu tol terhadap paparan NOx dari kendaraan. Dengan mengetahui rata-rata konsentrasi NOx besarnya risiko pencemar terhadap kesehatan pekerja di gardu tol dapat dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode Griess Saltzman sesuai SNI 19-7119.2-2005 dengan menggunakan beberapa peralatan seperti impinger. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa jenis kendaraan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pencemar NOx adalah kendaraan dengan jenis mesin diesel, dan gardu yang menghasilkan konsentrasi NOx tertinggi adalah gardu 08 dengan nilai konsentrasi NOx tertinggi pada jam 09.00-10.00 WIB sebesar 40.008 μg/m3. Risk quotient (RQ) untuk pekerja dengan berat 65-90 kg dan waktu kerja selama 25 tahun, sebesar 0.041950 dan masih berada pada nilai RQ<1. Maka rata-rata pencemaran yang disebabkan oleh NO2 di pintu tol tidak memengaruhi pekerja di gardu tol dan pekerja tidak mengalami risiko kesehatan karena RQ < 1. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya dilakukan penelitian terhadap O3 dan NO3 karena senyawa tersebut mudah bereaksi dengan NOx di udara ambien.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcEnvironmental engineeringid
dc.subject.ddcPollutionid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Tingkat Risiko Paparan NOx Terhadap Pekerja di Gardu Tol Akibat Volume Kendaraan di Pintu Tol Jagorawi, Bogor.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordanalisis risikoid
dc.subject.keywordjalan tolid
dc.subject.keywordkendaraanid
dc.subject.keywordkonsentrasi NOxid
dc.subject.keywordmesin dieselid
Appears in Collections:UT - Civil and Environmental Engineering

Files in This Item:
File SizeFormat 
F17asa.pdf
  Restricted Access
15.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.