Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88528
Title: Efektivitas Instagram “Earth Hour Bogor” sebagai Media Kampanye Lingkungan.
Authors: Fatchiya, Anna
Ulfa, Ghina Shabrina
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Media sosial merupakan media baru yang memiliki karakteristik komunikasi yang lebih interaktif dibandingkan media konvensional. Earth Hour Bogor adalah gerakan sosial yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai media kampanye mereka. Tujuan penelitian adalah analisis efektivitas instagram @ehbogor sebagai media kampanye dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan kuesioner dengan didukung data-data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media sosial Instagram @ehbogor efektif dalam menstimulasi perhatian followers, menimbulkan ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut, keinginan untuk berpartisipasi, serta mengikuti kegiatan kampanye yang diselenggarakan dan mengajak orang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah lokasi tempat tinggal dan frekuensi informasi kampanye yang disampaikan pada tahap perhatian (attention). Pada tahap ketertarikan (interest) yaitu jenis pekerjaan, frekuensi responden dalam mengakses instagram dan kejelasan informasi kampanye. Pada tahap keinginan (desire) tidak ditemukan variabel yang mempengaruhi, sedangkan pada tahap tindakan (action) yaitu lokasi tempat tinggal dan motivasi responden dalam mengakses Instagram.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88528
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File SizeFormat 
I17gsu.pdf
  Restricted Access
27.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.