Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87678
Title: Model Pengukuran Kinerja EPBM Online IPB menggunakan Balanced Scorecard dengan Pendekatan Fuzzy Linguistic
Authors: Buono, Agus
Sitanggang, Imas Sukaesih
Wulandari, Berlina
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pengukuran kinerja adalah alat yang berguna untuk mengontrol, memantau, dan meningkatkan proses kinerja yang melibatkan berbagai komponen yang tidak hanya meningkatkan proses kinerja tetapi juga menyampaikan informasi yang baik terhadap sudut pandang. Salah satu sistem yang memerlukan pengukuran kinerja adalah Evaluasi Proses Belajar Mengajar (EPBM) online IPB. EPBM online IPB adalah salah satu isu penting dalam peningkatan kinerja yang mempunyai kualitas yang baik dalam penyampaian informasi dan layanan pengukuran. Faktor-faktor yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja EPBM online IPB dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu mahasiswa tidak dapat mengisi EPBM karena tidak updatenya mata kuliah yang dapat diakses, sehingga berpengaruh pada informasi yang ditampilkan pada website dan pengguna yang membuat KRS menjadi terblokir. Pengukuran kinerja dilakukan terhadap fakta-fakta yang ada, oleh sebab itu pengukuran kinerja berperan penting bagi peningkatan untuk kemajuan kearah yang lebih baik. EPBM dilakukan agar tetap sustainable dengan salah satu metode pengukuran kinerja yang digunakan adalah IT Balanced Scorecard (IT BSC). IT BSC merupakan instrumen yang menilai kinerja EPBM secara online berdasarkan empat perspektif, diantaranya perspektif kontribusi organisasi, orientasi pengguna, keunggulan operasional, dan orientasi masa depan. Penelitian pengukuran kinerja EPBM online ini dilakukan untuk meningkatkan layanan pada EPBM online. Pengukuran dapat dilakukan dengan mengukur kinerja sistem berdasarkan pengguna. Pengukuran kinerja diukur dengan menggunakan IT BSC dan fuzzy linguistic. Adapun fuzzy linguistic digunakan untuk membangun model dalam mengambil keputusan berdasarkan perspektif dan memperbaiki proses terhadap nilai kinerja EPBM online. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari pakar dan mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa perspektif orientasi pengguna menghasilkan nilai kinerja tertinggi 0.7. Hal ini karena perspektif orientasi pengguna mendukung di tiga perspektif lainnya. Hasil tersebut sesuai dengan konsep IT BSC dalam Strategi Map, bahwa untuk mencapai nilai kinerja stakeholder diperlukan suatu penilaian kinerja yang komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Hasil ini dapat membantu pengambilan keputusan untuk fokus pada pekerjaan berdasarkan indikator kinerja pada nilai tertinggi. Hasil dari pengukuran fuzzy linguistic pada sistem berada dalam rentang antara 0.5 dan 0.9, yang menunjukkan kinerja model dengan klasifikasi linguistic 'baik'.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87678
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017bwu.pdf
  Restricted Access
16.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.