Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87445
Title: Analisis Information and Communication Technology (ICT) Literacy dan Web Usability Terhadap Sistem Informasi Manajemen Akademik
Authors: Hermadi, Irman
Agusta, Ivanovich
Nalendra, Vidy
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pengembangan manajemen pendidikan yang diikuti oleh penggunaan teknologi informasi diperlukan oleh pendidikan tinggi untuk semakin mengembangkan pelayanan dan proses bisnisnya. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) merupakan departemen yang berada di Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor membuat suatu sistem untuk mampu menjawab kebutuhan tersebut. Pengembangan sistem diarahkan ke pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang bersifat interaktif dan dikembangkan untuk menyediakan informasi seputar masalah akademik. SIMAK SKPM (selanjutnya akan disebut Simak) masih mempunyai kendala dari sisi keaktifan penggunanya, yaitu: Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan (Administrasi) Departemen SKPM. Kendala yang kerap terjadi bagi pengguna mahasiswa ialah kurang aktifnya mahasiswa dalam berkomunikasi melalui Simak dengan dosen pembimbingnya. Kendala yang kerap terjadi bagi dosen adalah ada beberapa dosen yang kurang atau tidak merespon notifikasi pesan untuk bimbingan yang diberikan oleh mahasiswa melalui Simak. Kendala yang kerap terjadi bagi tenaga kependidikan adalah lambatnya pembaruan data yang terkait dengan administrasi. Penelitian ini melakukan evaluasi Simak yang berjalan pada Departemen SKPM. Evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah Simak yang saat ini digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Analisis pengukuran ICT Literacy dan Analisis Usability sistem dijadikan suatu pendekatan untuk memecahkan kendala-kendala yang ada bagi pengguna Simak. Kedua pendekatan analisis tersebut yang akan menjadi batasan dalam penelitian ini. Penelitian ini akan menghasilkan suatu pengukuran ICT Literacy pengguna dalam menggunakan Simak. Elemen ICT Literacy yang diukur adalah Access, Manage, Integrate, Evaluate, Create, dan Communicate. Penelitian ini juga akan melakukan pengujian Web Usability, komponen yang akan diuji adalah Accessibilty, Identity, Navigation dan Content dari Simak. Rekomendasi yang diperoleh dari pengujian Simak, ialah perlunya peningkatan ICT Literacy melalui pembaharuan sistem dan pelatihan-pelatihan yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan ICT pengguna Simak. Perlunya pengoptimalan Web Usability pada komponen Accesibility, terutama yang terkait dengan waktu loading Simak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87445
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017vna.pdf
  Restricted Access
29.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.