Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87359
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEkayani, Meti-
dc.contributor.advisorHastuti-
dc.contributor.authorPutra, Muhammad Adhe-
dc.date.accessioned2017-07-03T03:56:26Z-
dc.date.available2017-07-03T03:56:26Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87359-
dc.description.abstractJambu biji merupakan salah satu komoditas buah buahan di Indonesia yang produksinya meningkat setiap tahun, mulai tahun 2013 hingga 2015. Adanya pengembangan produk jambu biji hasil kerjasama International Cooperation and Development Fund (ICDF) dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) menghasilkan jambu biji varietas kristal. Jambu biji kristal memiliki perawatan yang mudah, rasa yang lebih enak dan harga jual tinggi menjadi daya tarik bagi petani untuk memproduksi jambu biji kristal. Pemasaran jambu biji kristal yang efisien menjadi hal penting untuk memenuhi permintaan jambu biji kristal. Kelompok Tani (Poktan) merupakan salah satu lembaga yang dibentuk untuk mengatasi masalah produksi dan pemasaran produk pertanian di pedesaan. Poktan Rukun Tani terletak di Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membandingkan pendapatan usahatani, lembaga, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan efisiensi pemasaran usahatani jambu biji kristal petani anggota dan non anggota Poktan Rukun Tani. Metode analisis untuk mengetahui efisiensi pendapatan usahatani jambu biji menggunakan R/C ratio dan untuk pemasaran menggunakan marjin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran. Pendapatan dan R/C ratio atas biaya tunai dan biaya total usahatani jambu biji kristal anggota poktan lebih baik dibandingkan usahatani jambu biji kristal non anggota poktan. Hal ini dikarenakan harga jual di tingkat petani anggota poktan lebih tingi dan pengeluaran lebih rendah dibandingkan dengan harga jual dan pengeluaran di petani non anggota poktan. Hasil dari analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa pemasaran jambu biji kristal non anggota poktan merupakan saluran pemasaran yang lebih efisien dibandingkan pemasaran anggota poktan. Hal ini dikarenakan saluran pemasaran petani non anggota poktan lebih pendek sehingga mengakibatkan marjin pemasaran yang rendah. Selain itu, harga jual di tingkat konsumen yang lebih rendah dibanding dengan harga jual konsumen usahatani anggota poktan yang mengakibatkan farmer’s share yang lebih tinggi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddcBogorid
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.titleAnalisis Pendapatan dan Pemasaran Usahatani Jambu Biji Kristal (Studi Kasus: Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid
dc.subject.keywordfarmer’s shareid
dc.subject.keywordjambu biji kristalid
dc.subject.keywordmarjin pemasaranid
dc.subject.keywordpendapatan usahataniid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17map.pdf
  Restricted Access
38.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.