Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87354
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHastuti-
dc.contributor.authorHakim, Ibrahim Noor-
dc.date.accessioned2017-07-03T03:54:39Z-
dc.date.available2017-07-03T03:54:39Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87354-
dc.description.abstractNanas merupakan salah satu komoditas hortikultura yang berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya beberapa sentra produksi nanas. Menurut data Direktorat Jenderal Hortikultura (2015) rata-rata produksi nanas Provinsi Jawa Barat berada di urutan kedua dengan kontribusi sebesar 13.26 persen. Kabupaten Bogor merupakan salah satu sentra produksi nanas yaitu nomor dua setelah Subang. Kecamatan Cijeruk merupakan produsen nanas terbesar di Kabupaten Bogor. Salah satu produsen nanas terbesar di Kecamatan Cijeruk adalah Desa Tajur Halang. Nanas merupakan salah satu sumber ekonomi bagi masyarakat. Di Desa Tajur Halang petani dihadapkan pada beberapa permasalahan yaitu belum optimalnya peran kelompok tani dan harga jual nanas yang masih diatur oleh pedagang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi lembaga, saluran, dan fungsi-fungsi pemasaran, (2) Menganalisis struktur pasar dan perilaku pasar, (3) Menganalisis efisiensi pemasaran tiap saluran pada pemasaran. Metode analisis yang akan digunakan untuk menganalisis pemasaran nanas digunakan analisis lembaga dan saluran pemasaran, analisis fungsi-fungsi pemasaran, dan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance). Saluran yang paling efisien adalah saluran 1 yaitu petani menjual langsung kepada konsumen karena memiliki marjin pemasaran paling rendah, farmer’s share terbesar, dan rasio keuntungan dan biaya terbesar. Untuk menerapkan saluran 1 sebagai saluran yang dipilih petani membutuhkan bantuan permodalan sehingga diharapkan pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk permodalan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddcBogorid
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Komoditas Nanas di Desa Tajur Halang Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid
dc.subject.keywordfarmer’s shareid
dc.subject.keywordmarjin pemasaranid
dc.subject.keywordpendekatan Structureid
dc.subject.keywordConductid
dc.subject.keywordand Performance (SCP)id
dc.subject.keywordrasio keuntungan dan biayaid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17inh.pdf
  Restricted Access
31.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.