Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86697
Title: Aplikasi Mobile untuk Pengukuran Emosi Pelanggan Terhadap Kesukaan Produk Teh Siap Minum
Authors: Suparno, Ono
Djatna, Taufik
Fajri, Rino Aprilianto
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Emosi immediate pelanggan dialami pada saat pengambilan keputusan. Jenis emosi ini memiliki peran yang dominan dalam menentukan keputusan pembelian pelanggan, terutama untuk produk minuman teh siap minum. Sebuah aplikasi mobile berbasis Android telah dikembangkan untuk mengukur jenis emosi ini melalui pengenalan raut wajah. Aplikasi ini memproses video digital sebagai masukan dan mengenali ekspresi yang terdapat padanya secara real time. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan dibantu dengan Open CV library untuk proses deteksi wajah dan Affdex-SDK untuk proses pengenalan emosi masukkan. Aplikasi ini sukses diuji untuk mengukur emosi pelanggan minuman teh siap minum dengan enam emosi yang digunakan, yaitu kegembiraan, kejijikan, kehinaan, kemarahan, valence, dan engagement. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur emosi immediate pelanggan dengan akurat untuk memprediksi preferensi pelanggan. Metode relief digunakan untuk mengetahui emosi mana yang paling berpengaruh terhadap preferensi pelanggan. Hasilnya mengindikasikan bahwa emosi kegembiraan adalah yang paling mempengaruhi preferensi pelanggan, diikuti dengan valence dan engagement secara berurutan. Aplikasi mobile yang dibuat dapat digunakan oleh industri minuman teh siap minum untuk menjawab permasalahan manajemen hubungan pelanggan seperti loyalitas dan akuisisi pelanggan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86697
Appears in Collections:UT - Agro-Industrial Engineering

Files in This Item:
File SizeFormat 
F16raf.pdf
  Restricted Access
1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.