Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86277
Title: Kinerja Ekspor Kopi Dan Strategi Peningkatan Dayasaing Kopi Robusta Indonesia Di Pasar Asean
Authors: Suharno, Suharno
Perdana, Pia
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Dayasaing komoditas suatu negara dapat digambarkan melalui Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif. Komoditas yang memiliki keunggulan komparatif dapat dikatakan komoditi tersebut memiliki efisiensi secara ekonomi. Sedangkan, Keunggulan kompetitif (Competitive Advantage) merupakan alat untuk menggambarkan dayasaing suatu aktivitas berdasarkan pada kondisi perekonomian aktual. Pada penelitian ini penulis bermaskud untuk mengetahui bagaimana dayasaing komoditas kopi robusta Indonesia di Pasar ASEAN, kemudian menyusun strategi memperkuat dayasaing Kopi Robusta di Pasar ASEAN. Dari hasil perhitungan, diketahui bahwa nilai Revealed Comparative Advantage (RCA) kopi Indonesia dengan kode HS 09011110 adalah 12.10 atau lebih dari satu, hal ini menunjukan kopi Indonesia mempunya keunggulan komparatif di pasar ASEAN. Kemudian, melalui 4 faktor kopi robusta Indonesia yang diterangkan dengan The National Diamond System. Menunjukan bahwa kopi robusta Indonesia mempunyai keunggulan kompetitif. Kemudian penentuan strategi dengan mengunakan matriks SWOT. Kemudian didapat berbagai implikasi strategi dan lebih mengarah kepada strategi untuk mengoptimalkan lahan perkebunan kopi dengan memanfaatkan lembaga-lembaga kopi termasuk pemerintah, dengan arah kebijakan yang berorientasi pasar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86277
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16ppe.pdf
  Restricted Access
2.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.