Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86019
Title: Analisis Saluran dan Marjin Pemasaran Ikan Koi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi
Authors: Hidayat, Aceng
Istiqomah, Asti
Fitriani, Shella Rubian Fajri
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Kecamatan Cisaat memiliki potensi alam cukup baik memproduksi ikan koi. Namun, belum dioptimalkan sehingga produksi grade unggul (A dan B) masih rendah. Perbedaan harga jual sesuai grade menimbulkan dugaan adanya gap antara pembudidaya dan konsumen akhir sehingga perolehan keuntungan dalam sistem pemasaran ikan koi tidak setara. Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis lembaga, fungsi dan saluran pemasaran yang terjadi dalam sistem pemasaran ikan koi dan mengestimasi nilai marjin pemasaran, farmer’s share dan net B/C, 2) Mengkaji efisiensi pemasaran. Analisis kualitatif untuk mengetahui fungsi dan sistem pemasaran ikan koi, kuantitatif untuk menghitung marjin pemasaran, farmer’s share dan net B/C. Hasil menunjukkan, empat lembaga pemasaran terlibat, setiap lembaga melakukan ketiga fungsi pemasaran dengan aktivitas berbeda-beda serta terdapat enam saluran pemasaran. Marjin pemasaran terbesar grade A dan B pada saluran V, farmer’s share terbesar diperoleh saluran VI, nilai net B/C terbesar pada saluran V. Saluran pemasaran paling efisien adalah saluran VI karena memenuhi seluruh indikator efisiensi pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86019
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16srf.pdf
  Restricted Access
30.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.