Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85820
Title: | Penerapan korelasi kanonik terhadap butir pernyataan akreditasi dan indikator Standar Pelayanan Minimal tingkat SMP/MTs. |
Authors: | Susetyo, Budi Suhaeni, Cici Satiarani, Annisa |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | IPB (Bogor Agricultural University) |
Abstract: | Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan dasar dirancang guna menilai serta menjaga mutu layanan pendidikan. Hasil akreditasi diharapkan dapat menggambarkan pemenuhan SNP. SPM merupakan tahap awal untuk mencapai SNP, maka seyogyanya kedua instrumen penilaian tersebut memiliki hasil yang sejalan. Pada penelitian ini digunakan data akreditasi SMP/MTs tahun 2015 dan data SPM 2014. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan analisis korelasi kanonik untuk melihat hubungan antar 2 kumpulan peubah yaitu butir-butir pernyataan akreditasi dan indikator SPM yang digunakan untuk menilai SNP dan SPM. Hasil analisis korelasi kanonik pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan menunjukkan korelasi sebesar 0.579. Butir pernyataan akreditasi yang mendominasi yaitu tentang kualifikasi pendidikan tenaga administrasi, kepala perpustakaan, dan kepala laboratorium. Sedangkan 3 indikator SPM yang mendominasi yaitu mengenai jumlah minimal guru yang bersertifikat, guru mata pelajaran bersertifikat, serta kepala sekolah bersertifikat. Aspek sarana dan prasarana menghasilkan korelasi kanonik sebesar 0.654. Pada aspek ini 3 butir pernyataan yang mendominasi yaitu sekolah memiliki ruang pimpinan sesuai ketentuan, ruang tata usaha sesuai ketentuan, dan prasarana yang lengkap. Indikator SPM yang mendominasi pada aspek sarana dan prasarana adalah ruang kepala sekolah yang terpisah, terdapat buku pengayaan dan buku referensi, dan meja kursi ruang guru yang cukup. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85820 |
Appears in Collections: | UT - Statistics and Data Sciences |
Files in This Item:
File | Size | Format | |
---|---|---|---|
G16asa.pdf Restricted Access | 11.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.