Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85820
Title: Penerapan korelasi kanonik terhadap butir pernyataan akreditasi dan indikator Standar Pelayanan Minimal tingkat SMP/MTs.
Authors: Susetyo, Budi
Suhaeni, Cici
Satiarani, Annisa
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan dasar dirancang guna menilai serta menjaga mutu layanan pendidikan. Hasil akreditasi diharapkan dapat menggambarkan pemenuhan SNP. SPM merupakan tahap awal untuk mencapai SNP, maka seyogyanya kedua instrumen penilaian tersebut memiliki hasil yang sejalan. Pada penelitian ini digunakan data akreditasi SMP/MTs tahun 2015 dan data SPM 2014. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan analisis korelasi kanonik untuk melihat hubungan antar 2 kumpulan peubah yaitu butir-butir pernyataan akreditasi dan indikator SPM yang digunakan untuk menilai SNP dan SPM. Hasil analisis korelasi kanonik pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan menunjukkan korelasi sebesar 0.579. Butir pernyataan akreditasi yang mendominasi yaitu tentang kualifikasi pendidikan tenaga administrasi, kepala perpustakaan, dan kepala laboratorium. Sedangkan 3 indikator SPM yang mendominasi yaitu mengenai jumlah minimal guru yang bersertifikat, guru mata pelajaran bersertifikat, serta kepala sekolah bersertifikat. Aspek sarana dan prasarana menghasilkan korelasi kanonik sebesar 0.654. Pada aspek ini 3 butir pernyataan yang mendominasi yaitu sekolah memiliki ruang pimpinan sesuai ketentuan, ruang tata usaha sesuai ketentuan, dan prasarana yang lengkap. Indikator SPM yang mendominasi pada aspek sarana dan prasarana adalah ruang kepala sekolah yang terpisah, terdapat buku pengayaan dan buku referensi, dan meja kursi ruang guru yang cukup.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85820
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G16asa.pdf
  Restricted Access
11.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.