Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85804
Title: Analisis Segmentasi Pelanggan Eceran Pt United Tractors Tbk. Dengan Pendekatan Analisis Gerombol
Authors: Sartono, Bagus
Kusumaningrum, Dian
Handayani, Wuri
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultral University (IPB)
Abstract: Segmentasi pelanggan merupakan kegiatan membagi pelanggan ke dalam segmen-segmen dengan ciri dari tiap segmen memiliki karakter yang relatif homogen, sehingga dapat dij adikan sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang efisien berdasarkan basil segmentasinya. Segmentasi dilakukan dengan menggunakan metode k-means dan peubah yang menj adi dasar segmentasi yaitu nominal transaksi yang dibayarkan oleh 844 pelanggan eceran untuk pembelian 22 komoditas suku cadang. B anyaknya segmen (k) ideal yang terbentuk yaitu 5 segmen berdasarkan perubahan indeks Hartigan terbesar yaitu sebesar 1 8. 9 5. Dari 5 segmen yang diperoleh, terdapat segmen yang diprioritaskan dan tidak diprioritaskan dalam melalukan pemasaran produk. Segmen 2 dan Segmen 4 merupakan segmen yang dapat diprioritaskan dengan cirinya adalah nilai rataan nominal transaksi yang dibayarkan oleh tiap pelanggan eceran pada Segmen 2 dan Segmen 4 lebih besar dibandingkan nilai rataan nominal transaksi yang dibayarkan oleh tiap pelanggan terhadap total pelanggan eceran selama tahun 20 1 3 sampai 20 1 5. S elain itu, persentase kontribusi terhadap penerimaan UT lebih besar dibandingkan rata-rata persentase kontribusi tiap segmen yaitu sebesar 4 5. 24% oleh Segmen 2 dan 2 9. 7 1 % oleh Segmen 4. Dengan demikian, Segmen 2 dapat menj adi prioritas utama UT dalam melakukan pemasaran produknya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85804
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G16wha.pdf
  Restricted Access
1.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.