Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85770
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSoleh, Agus Mohamad-
dc.contributor.advisorRahman, La Ode Abdul-
dc.contributor.authorShalihah, Anisah Mufidatush-
dc.date.accessioned2017-05-31T03:30:53Z-
dc.date.available2017-05-31T03:30:53Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85770-
dc.description.abstractSetiap toko ritel memiliki data transaksi penjualan yang besar yang dihimpun setiap harinya. Data-data transaksi tersebut dapat diolah sehingga diperoleh informasi-informasi berguna, di antaranya pola belanja konsumen. Pola belanja konsumen dapat digunakan sebagai bahan untuk perancangan strategi pemasaran. Analisis yang biasa digunakan yaitu analisis asosiasi pada transaksi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode pola sekuensial dengan algoritme SPADE ‘Sequential PAttern Discovery using Equivalence classes’. Data yang digunakan adalah data riil transaksi penjualan toko ritel produk kecantikan dan perawatan tubuh sejak 1 Januari-22 April 2015. Minimum support (batas minimum banyaknya pembeli) yang digunakan 0.01% dan minimum confidence (batas minimum peluang kejadian) sebesar 1%, kedua nilai tersebut ditentukan berdasarkan keadaan data. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan item yang paling diminati adalah sabun pencuci muka dan minyak penghilang jerawat berbahan kayu putih, grup yang paling diminati adalah grup make up bibir dan make up dasar. Pada data latih dan data uji yang relatif seimbang, semakin panjang periode penjualan dan semakin banyak transaksi maka semakin baik pula akurasi pembelian kembali yang diduga.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultral University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcSequential methodsid
dc.titleAplikasi Sequential Pattern Discovery Using Equivalence Classes (Spade) Pada Data Transaksi Penjualan (Studi Kasus Produk Kecantikan Dan Perawatan Tubuh).id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keyworddata transaksiid
dc.subject.keywordpola sekuensialid
dc.subject.keywordSPADEid
dc.subject.keywordstrategi pemasaran.id
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G16ams.pdf
  Restricted Access
1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.