Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85470
Title: Analisis pemasaran tandan buah segar kelapa sawit di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
Authors: Winandi, Ratna
Tambunan, Franky Immanuel Halomoan
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Pola pemasaran hasil panen petani akan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan seorang petani.Jumlah lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran akan menentukan besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan serta panjang pendeknya rantai pemasaran yang terbentuk.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku pemasaran,saluran pemasaran,dan fungsifungsi pemasaran,serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dengan menggunakan 3 indikator,yaitu margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran. Metode penentuan petani responden dan lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yang terbentuk.Dimana,secara relatif saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran 3 bagi petani dan saluran 4 bagi lembaga pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85470
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17fih.pdf
  Restricted Access
16.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.