Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85260
Title: Pengembangan Guidelines dan Evaluasi Usability Situs Web E-Commerce B2c Indonesia Berdasarkan Empat Perspektif Tipe Pengguna
Authors: Ardiansyah, Firman
Grasheldi, Alfandio
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Indonesia saat ini berpotensi menjadi pasar terbesar pertumbuhan e-commerce B2C di Asia Tenggara. Untuk menghasilkan situs web e-commerce B2C yang baik dalam aspek kenyamanan dan kepercayaan, pada penelitian ini dilakukan pengembangan usability guidelines untuk empat perspektif tipe pengguna, yaitu browser, evaluator, transactor, dan customer. Pengembangan usability guidelines dilakukan pada 22 referensi dan menghasilkan 332 guidelines yang dikelompokkan menjadi 47 kategori. Guidelines tersebut digunakan untuk mengevaluasi aspek usability pada tiga situs web e-commerce B2C Indonesia, yaitu Lazada, Blibli, dan MatahariMall. Rata-rata persentase guidelines yang telah diterapkan pada ketiga situs web adalah 80% pada tipe pengguna browser, 74% pada tipe pengguna evaluator, 81% pada tipe pengguna transactor, dan 80% pada tipe pengguna customer. Pemenuhan guidelines pada ketiga situs web dominan pada tipe pengguna browser, transactor, dan customer.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85260
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
G16agr.pdf
  Restricted Access
2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.