Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84991
Title: Emosi Akademik, Strategi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA di Wilayah Perdesaan
Authors: Hernawati, Neti
Citrandini, Mega
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pendidikan adalah prestasi akademik yang dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik remaja, karakteristik keluarga, emosi akademik, dan strategi belajar serta pengaruhnya terhadap prestasi akademik. Jumlah contoh penelitian ini sebanyak 132 siswa dari dua SMA X dan Y. Pemilihan lokasi penelitan secara purposive dengan pengambilan contoh secara proportional random sampling. Hasil penelitian menemukan emosi positif-aktivasi menjadi emosi yang dominan dirasakan remaja. Strategi belajar yang paling sering digunakan adalah manajemen waktu/ lingkungan belajar dan mencari bantuan, sementara penggunaan strategi belajar secara umum masih rendah. Perempuan menunjukkan penggunaan strategi belajar dan capaian prestasi akademik yang lebih baik. Emosi positif-aktivasi mampu meningkatkan penggunaan strategi belajar, dan penggunaan strategi belajar yang beragam akan meningkatkan capaian prestasi akademik remaja. Karakteristik keluarga ditemukan tidak berpengaruh signifikan baik terhadap strategi belajar maupun prestasi akademik remaja.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84991
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I16mci.pdf
  Restricted Access
16.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.