Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84692
Title: Tingkat Penerimaan Media Pendidikan Gizi (Buku Cerita Bergambar) dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak.
Authors: Rimbawan
Purnamasari, Rizka
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Buku cerita bergambar merupakan salah satu media pendidikan yang dapat digunakan untuk belajar tentang kesehatan dan gizi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerimaan dan pengaruh media pendidikan gizi berupa buku cerita bergambar dan leaflet terhadap perbaikan pengetahuan gizi seimbang pada anak. Penelitian ini menggunakan quasi experimental study dengan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2016 di SDN 03 Babakan Dramaga Bogor. Subjek terdiri dari 62 orang: 31 orang dari kelas 5A sebagai kelompok intervensi (buku cerita bergambar) dan 31 orang kelas 5B sebagai kelompok kontrol (leaflet). Metode yang digunakan adalah pretest tiga hari sebelum intervensi, intervensi dan posttest pertama pada hari yang sama, dan posttest kedua dua minggu setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan kelompok intervensi mengalami peningkatan rata-rata skor pengetahuan gizi secara signifikan (p<0.05) dari 68.1±17.8 menjadi 94.4±7.8, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu dari 76.9±20.0 menjadi 88.9±10.8. Setelah dua minggu, terjadi penurunan pengetahuan gizi pada kelompok intervensi menjadi 93.4±12.6, sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan menjadi 89.0±12.1, namun tidak melebih rata-rata skor kelompok intervensi. Selain itu, sebanyak 93.5% subjek menyatakan sangat menyukai buku cerita bergambar yang digunakan. Secara umum, media pendidikan gizi yang digunakan dalam penelitian ini memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan gizi anak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84692
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
I17rpu.pdf
  Restricted Access
16.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.