Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84665
Title: Efisiensi Pemasaran Wortel di Cianjur Jawa Barat.
Authors: Kusnadi, Nunung
Pratama, Muhammad Shandy
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi alternatif saluran pemasaran yang dimiliki petani wortel serta menganalisis efisiensi pemasaran wortel di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Data dikumpulkan dari petani dan pedagang. Petani berjumlah 14 petani dan pedagang berjumlah 16 orang. Metode penentuan sampel petani adalah purposive sampling dan pedagang menggunakan metode snowball. Petani memiliki 4 alternatif saluran pemasaran yaitu (i) petani – pedagang pengumpul 1 – pedagang pengumpul 2 – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir, (ii) petani – pedagang pengumpul 2 – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir (iii) petani – pedagang pengumpul 1 -- pedagang pengecer – konsumen akhir dan (iv) petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir. Saluran pemasaran 4 merupakan saluran pemasaran paling efisien. Akan tetapi sebagian besar petani memilih saluran pemasaran (i).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84665
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17msp.pdf
  Restricted Access
24.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.