Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84365
Title: Kajian Prospek Bisnis Hakko Kombucha dengan Pendekatan Value Based Marketing.
Authors: Hartrisari, Hardjomidjojo
Kuswadi, Aldrian
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran dengan pendekatan value based marketing sebagai upaya pencapaian target PT Fermenation Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan sebesar 200% di tahun 2017. Perusahaan perlu mengetahui terlebih dahulu target stakeholder dan relasinya dengan perusahaan, untuk itu dilakukan pemetaan rantai pasok dari produk Hakko Kombucha. Relasi antara perusahaan dengan stakeholder dianalisa untuk mengetahui stakeholder utama dalam rantai pasok. Strategi pemasaran yang disusun diharapkan dapat meningkatkan engagement antara produk Hakko Kombucha dengan konsumennya. Metode yang digunakan adalah pendekatan rantai pasok dengan metode Value Stream Mapping (VSM) untuk memetakan keseluruhan proses bisnis dari pemenuhan bahan baku sampai ke saluran distribusi. Melalui VSM didapatkan tiga aliran yang meliputi aliran produk, aliran keuangan, dan aliran informasi. VSM juga menghitung lead time serta value added time dalam rantai pasok Hakko Kombucha. Stakeholder yang terlibat dalam rantai pasok Hakko Kombucha dianalisa menggunakan metode Stakeholder Engagement (SE). Tahapan SE yang digunakan adalah analisa stakeholder dan pemetaan stakeholder. Dalam SM, stakeholder dianalisa dan dikelompokan berdasarkan penilaian atribut kepakaran, kesediaan, dan nilai. Hasil penilaian dipetakan dalam diagram scatter dan stakeholder digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu engage, communicate, dan inform. Peneliti menyusun aktifitas pemasaran yang sesuai untuk stakeholder utama yang terdapat pada kategori engage dengan prinsip pendekatan Marketing 3.0. Pendekatan Marketing 3.0 yang dilakukan adalah cocreation, communitization, character building, dan value based marketing. Hasil penelitian yang dicapai adalah pemetaan rantai pasok, analisa stakeholder, dan aktivitas pemasaran untuk stakeholder utama Hakko Kombucha.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84365
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F17aku.pdf
  Restricted Access
14.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.