Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84258
Title: Analisis Efisiensi Pemasaran Jambu Kristal di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga, Bogor
Authors: Krisnamurthi, Bayu
Saragih, Winda Adelita
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Salah satu hal yang berpengaruh terhadap besar kecilnya pendapatan petani adalah pola pemasaran hasil panen petani. Jumlah lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran akan menentukan besarnya biaya pemasaran serta panjang pendeknya rantai pemasaran yang terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku pemasaran, saluran pemasaran, dan fungsifungsi pemasaran, serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran jambu kristal dengan menggunakan 3 indikator, yaitu margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan atas biaya pemasaran. Metode penentuan petani responden dilakukan dengan menggunakan metode sensus, sedangkan penentuan lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snawball sampling. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat sembilan saluran pemasaran yang terbentuk, terdiri dari enam saluran pemasaran mitra dan tiga saluran pemasaran non mitra. Saluran pemasaran yang paling efisien secara relatif adalah saluran 1, saluran 2, dan saluran 8.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84258
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16was.pdf
  Restricted Access
22.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.