Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83840
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBeik, Irfan Syauqi-
dc.contributor.authorPratiwi, Ega-
dc.date.accessioned2017-04-28T03:29:56Z-
dc.date.available2017-04-28T03:29:56Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83840-
dc.description.abstractKemiskinan merupakan kondisi seseorang atau keluarga tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya. Zakat merupakan salah satu instrumen dalam Islam untuk mengatasi masalah kemiskinan. Penelitian ini menganalisis kemiskinan rumah tangga mustahik dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah adanya bantuan zakat produktif. Penelitian ini mengambil studi kasus di Badan Amil Zakat Nasional dan Dompet Dhuafa Kota Serang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 rumah tangga mustahik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Model CIBEST yaitu terdiri dari kuadran dan indeks CIBEST. Model CIBEST tidak hanya mengukur kemiskinan secara material dan spiritual. Hasil analisis menujukkan bahwa zakat mampu meningkatkan pendapatan mustahik dan mampu mengurangi tingkat kemiskinan material dan kemiskinan absolut.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricutural University (IPB)id
dc.subject.ddcEconomicsid
dc.subject.ddcUtilityid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcSerang-Bantenid
dc.titleAnalisis Pendayagunaan Zakat Produktif sebagai Pengurang Kemiskinan Berdasarkan Model Cibest (Studi Kasus: Badan Amil Zakat Nasional dan Dompet Dhuafa Kota Serang)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordModel CIBESTid
dc.subject.keywordindeks kemiskinan Islamiid
dc.subject.keywordkemiskinanid
dc.subject.keywordzakat produktifid
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16epr.pdf
  Restricted Access
1.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.