Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83634
Title: Perilaku Pelanggan dan Insentif Harga Daging Ayam dalam Pengendalian Penyakit Unggas.
Authors: Cahyadi, Eko Ruddy
Meliana, Dita
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap daging ayam cenderung mengalami peningkatan pada tahun 2011 hingga 2015 yang diiringi oleh fluktuasi harga. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis karakteristik dan perilaku konsumen daging ayam. (2) Menganalisis kesediaan membayar konsumen dan insentif harga daging ayam saat kelangkaan dan terjamin kesehatannya. (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen daging ayam. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, pendekatan Contingent Valuation Method (CVM): TIOLI dan Bidding Games, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan karakteristik dan perilaku kosumen didominasi oleh ibu rumah tangga yang membeli daging ayam di pasar tradisional. Harga yang bersedia konsumen bayarkan sebesar Rp 38 165 per kg saat kelangkaan dan Rp 38 205 per kg untuk daging ayam yang terjamin kesehatannya. Insentif yang didapat sebesar Rp 16 per kg sehingga tidak memadai untuk insentif para pelaku usaha rantai pasok daging ayam. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan konsumen membayar daging ayam yakni tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, jumlah anggota keluarga, dan jumlah konsumsi daging ayam.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83634
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17dme.pdf
  Restricted Access
18.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.