Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82354
Title: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kependidikan Di Institut Pertanian Bogor
Authors: Munandar, Jono M
Syamsun, Muhammad
Aftika, Yuhanna
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultral University (IPB)
Abstract: Pegawai sebagai sumber daya manusia yang dimiliki institusi adalah manusia yang mempunyai sifat kemanusiaan, perasaan dan kebutuhan yang beraneka ragam. Salah satu masalah pokok dalam manajemen sumber daya manusia adalah bagaimana mencari cara yang terbaik untuk mencapai kinerja pegawai yang optimal. Penelitian ini dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB), yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang terkait faktor individu, faktor psikologi, dan faktor organisasi yang mempengaruhi kinerja, menganalisis faktor-faktor tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung dan menganalisis faktor dominan secara keseluruhan yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan di IPB. Responden dalam penelitian ini sebanyak 150 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif responden, uji tabulasi silang dengan metode chi square, dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor individu berpengaruh secara langsung yang dicerminkan oleh 4 (empat) indikator utama yaitu : pelatihan meningkatkan keterampilan, pengalaman kerja menentukan karir pekerjaan, latar belakang keluarga mendukung karir dan pekerjaan di organisasi, dan usia berpengaruh terhadap pola pikir dalam pengambilan keputusan pegawai. Pada model pengaruh tidak langsung indikator yang dicerminkan oleh faktor individu menunjukkan bahwa variabel laten faktor individu dicerminkan oleh 3 (tiga) indikator utama, yaitu pelatihan meningkatkan keterampilan, Latar belakang keluarga mendukung karir dan pekerjaan di organisasi, dan usia berpengaruh terhadap pola pikir dalam pengambilan keputusan pegawai. Sedangkan faktor psikologi yang dicerminkan oleh indikator proses pembelajaran dan motivasi dipengaruhi faktor individu dan organisasi sehingga secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan di IPB. faktor organisasi pada model pengaruh langsung dan tidak langsung dicerminkan oleh 7 (tujuh) indikator yang sama yang menggambarkan 3 (tiga) dimensi faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu sumber daya, struktur kerja, dan budaya organisasi. Secara keseluruhan faktor dominan yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB) tidak hanya dilihat dari pengaruh secara langsung tapi juga dari faktor yang didukung oleh faktor lain secara tidak langsung, yaitu faktor individu.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82354
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2016yaf.pdf
  Restricted Access
23.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.