Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81713Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Sarma, Ma’mun | - |
| dc.contributor.advisor | Manuwoto | - |
| dc.contributor.author | Hastuti, Fitria Diah | - |
| dc.date.accessioned | 2016-10-13T02:23:56Z | - |
| dc.date.available | 2016-10-13T02:23:56Z | - |
| dc.date.issued | 2016 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81713 | - |
| dc.description.abstract | Investasi infrastruktur jalan dan jembatan dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anggaran infrastruktur jalan dan jembatan di Provinsi Banten; menganalisis efektifitas investasi infrastruktur jalan dan jembatan dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi; dan menyusun strategi di bidang infrastruktur jalan dan jembatan yang efektif meningkatkan pertumbuhan ekonomi.Data primer dan sekunder diperoleh melalui studi lapangan, wawancara mendalam dengan pengambil kebijakan yang terkait dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskrptif, analisis regresi, dan analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threats (SWOT). Hasil analisis anggaran dan realisasi investasi infrastruktur di Provinsi Banten sudah baik pada periode tahun 2008 sampai dengan 2012. Pada tahun tersebut, penyerapan anggaran dari tahun 2008 sanpai dengan 2012 selalu berada diatas 90%. Secara lebih rinci penyerapan tersebut mencapai 99.27% pada tahun 2008, 99.78% pada tahun 2009, 99.90% pada tahun 2010, 99.34% pada tahun 2011 dan 93.43% pada tahun 2012. Penyerapan anggaran yang kurang optimal terjadi pada tahun 2013 dan 2014. Pada tahun 2013 penyerapan anggaran hanya sebesar 70.64%, dan 21.50% pada tahun 2014. Penyebab rendahnya realisasi anggaran adalah rendahnya penyerapan pembangunan jalan tahun jamak dan adanya lelang ulang beberapa kali serta adanya paket yang belum selesai pengerjaannya pada saat akhir tahun anggaran. Hasil pengujian terhadap variabel penelitian yaitu variabel konstruksi jalan dan jembatan dinyatakan lulus empat tahap pengujian. Pengujian yang dilakukan adalah uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan ujiautokorelasi. Setelah itu, pengujian regresi dilakukan atas dua variabel tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel konstruksi jalan dan jembatan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 87.10% mampu dijelaskan oleh variabel jalan sedangkan 12.90% dijelaskan oleh variabel lainnya. Berdasarkan hasil regresi dapat diketahui bahwa setiap kenaikan realisasi anggaran pembangunan jalan 1% akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0.55% dan setiap kenaikan realisasi anggaran pembangunan jembatan sebesar 1% akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0.08% (ceteris paribus). Hasil kedua analisis di atas, yang dilengkapi dengan hasil wawancara mendalam dan pengisian kuesioner oleh para pengambil kebijakan terkait investasi infrastruktur, menjadi sumber informasi dalam menyusun strategi. Strategi tersebut dirancang melalui analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi utama yang perlu dilakukan adalah melakukan sinergi stakeholder pemerintah, swasta dan masyarakat. Sinergi hubungan antar pemerintah dan swasta dapat berupa program Corporate Sosial Responsibility(CSR). Program CSR ini harus ditujukan pada pembangunan jalan dan jembatan bagi industri yang terkait dengan tingkat kerusakan jalan misalnya iv industri tambang. Sinergi hubungan antara pemerintah dengan masyarakat adalah difungsikannya secara intensif Subbagian humas di Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (BMTR) yang bertanggungjawab terhadap berbagai kegiatan investasi infrastruktur jalan dan jembatan yang melibatkan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan, sinergi antar lembaga pemerintah adalah adanya rapat secara rutin untuk membahas dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi antar instansi. | id |
| dc.language.iso | id | id |
| dc.publisher | Bogor Agricultral University (IPB) | id |
| dc.subject.ddc | Economics | id |
| dc.subject.ddc | Economics growth | id |
| dc.title | Strategi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Investasi Infrastruktur Jalan Dan Jembatan Di Provinsi Banten | id |
| dc.type | Thesis | id |
| dc.subject.keyword | infrastruktur | id |
| dc.subject.keyword | analisis SWOT | id |
| dc.subject.keyword | pertumbuhan ekonomi | id |
| dc.subject.keyword | regresi | id |
| Appears in Collections: | MT - Professional Master | |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| 2016fdh.pdf Restricted Access | 24.55 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.