Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81707
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNovita, Yopi-
dc.contributor.advisorIskandar., Budhi Hascaryo-
dc.contributor.authorYuwandana, Dwi Putra-
dc.date.accessioned2016-10-13T02:22:42Z-
dc.date.available2016-10-13T02:22:42Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81707-
dc.description.abstractKapal pengangkut ikan hidup merupakan jenis kapal yang muatannya sebagian besar adalah muatan cair. Muatan cair pada pengangkutan ikan hidup biasanya tidak memenuhi palka secara keseluruhan sehingga menimbulkan permukaan bebas (free surface) pada muatan cair tersebut. Permukaan bebas tersebut mengakibatkan muatan cair dalam palka bergerak bebas terutama saat melakukan gerakan rolling. Efek free surface pada kapal bermuatan cair sangat berpengaruh terhadap stabilitas kapal tersebut. Stabilitas kapal bermuatan cair memiliki stabilitas yang lebih buruk akibat pergeseran titik berat muatan yang berubah-ubah. Penggunaan sirip peredam pada bagian dalam palka mampu mengurangi efek free surface pada muatan cair. Oleh karena itu, perlu dikaji efektifitas luasan sirip peredam terhadap luasan free surface dalam meredam efek free surface pada palka bermuatan cair sehingga stabilitas kapal akan tetap baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan luasan minimal sirip peredam yang masih efektif untuk meredam efek free surface dan mengkaji pengaruh efek free surface pada setiap luasan sirip peredam terhadap gerakan rolling kapal model. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan kapal model dan palka model dengan 4 perlakuan luasan sirip peredam, yakni: tanpa sirip peredam, sirip peredam dengan luasan 10, 20, dan 30 persen masing-masing dari luasan free surface . Eksperimen dilakukan di kolam percobaan dengan cara menekan salah satu sisi kapal model agar kapal model melakukan gerakan rolling. Analisis data dilakukan dengan cara komparatif numerik dan uji statistik menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Kajian dilakukan terhadap sudut kemiringan free surface, waktu redam pergerakan free surface, sudut kemiringan rolling kapal model, rolling duration, rolling period dan frekuensi rolling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sirip peredam dapat mereduksi sudut kemiringan free surface 30,77% untuk perlakuan sirip peredam 10%; 61,54% untuk perlakuan sirip peredam 20% dan 69,23% untuk perlakuan sirip peredam 30%. Waktu redam pergerakan free surface dapat tereduksi sebesar 52,14% untuk perlakuan sirip peredam 10%; 69,65% untuk perlakuan sirip peredam 20% dan 82,31% untuk perlakuan sirip peredam 30%. Sudut kemiringan rolling dapat tereduksi sebesar 34,2% untuk perlakuan sirip peredam 10%; 50,8% untuk perlakuan sirip peredam 20% dan 64,5% untuk perlakuan sirip peredam 30%. Rolling duration dapat tereduksi sebesar 66% untuk perlakuan sirip peredam 10%; 78,4% untuk perlakuan sirip peredam 20% dan 81,4% untuk perlakuan sirip peredam 30%. Rolling period dapat tereduksi sebesar 30% untuk perlakuan sirip peredam 10%; 30,4% untuk perlakuan sirip peredam 20% dan 39,9% untuk per;aluan sirip peredam 30%. Berdasarkan hasil penelitian diatas penggunaan sirip peredam pada palka muatan cair cukup efektif untuk meredam efek free surface yang terjadi pada palka muatan cair, kemudian dengan tereduksinya efek free surface tersebut maka gerakan rolling yang terjadi tereduksi pula.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricutural University (IPB)id
dc.subject.ddcFisheriesid
dc.subject.ddcFishingid
dc.titleEfektivitas Sirip Peredam Dalam Meredak Efek Free Surface Yang Mempengaruhi Gerakan Rolling Kapal Modelid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordfree surfaceid
dc.subject.keywordgerakan rollingid
dc.subject.keywordsirip peredamid
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File SizeFormat 
2016dpy.pdf
  Restricted Access
18.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.