Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80425
Title: Analisis Pemasaran Manggis (Garcinia Mangostana L.) Di Desa Jugalajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor
Authors: Hadianto, Adi
Dewi Raswatie, Fitria
Herdian, Firdaus
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Manggis merupakan komoditas hortikultura unggulan Indonesia. Kabupaten Bogor merupakan salah satu sentra produksi buah manggis. Desa Jugalajaya, Kecamatan Jasinga merupakan salah satu sentra produksi buah manggis.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran manggis dengan melihat a) saluran, fungsi, dan lembaga pemasaran b) efisiensi pemasaran berdasarkan marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan dan biaya. Penelitian dilakukan pada 21 petani responden dengan purposive sampling dan 12 pedagang dengan metode snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis saluran, lembaga dan fungsi pemasaran. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan 5 saluran yang mempunyai fungsi pemasaran yang hampir sama. Saluran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 1 berdasarkan kriteria marjin pemasaran sebesar Rp 7.000,00 per kilogram, farmer’s share sebesar 22,22 persen, rasio keuntungan dan biaya total sebesar 6,93.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80425
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16fhe.pdf
  Restricted Access
1.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.