Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80378
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDjuraidah, Anik-
dc.contributor.advisorSilvianti, Pika-
dc.contributor.authorDewi, Gita Septiana-
dc.date.accessioned2016-05-19T04:08:23Z-
dc.date.available2016-05-19T04:08:23Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80378-
dc.description.abstractSusu dan produk olahannya merupakan salah satu bahan pangan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menyatakan bahwa konsumsi susu masyarakat Indonesia terbilang rendah dibandingkan sejumlah negara di ASEAN. Hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pengusaha susu di dalam negeri untuk meningkatkan konsumsi susu masyarakat Indonesia. Perusahaan ABCD akan mengeluarkan produk susu cair pasteurisasi baru dan akan menganalisis tingkat kesukaan konsumen terhadap produknya dan kompetitornya. Tingkat kesukaan terhadap produk ini dipengaruhi beberapa atribut yaitu warna, kesegaran, aroma, kekentalan, rasa, tingkat gurih, tingkat kemanisan, dan rasa yang tertinggal. Produk yang diteliti adalah susu pasteurisasi jenis tawar, yaitu “2L8”, “3C6” dan “4P1”. Tujuan penelitian ini adalah menentukan peringkat atribut-atribut yang mempengaruhi penilaian responden terhadap suatu produk menggunakan metode Thurstone, mengetahui performa produk secara keseluruhan menggunakan analisis biplot dan mengukur kemiripan tingkat kesukaan antar responden menggunakan analisis procrustes. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan atribut rasa yang tertinggal merupakan atribut yang sangat disukai oleh responden. Analisis biplot memetakan merk sebagai objek dan atribut sebagai peubah. Produk “2L8” dinilai oleh responden sebagai produk yang memiliki karakteristik atribut yang rata-ratanya lebih tinggi dari produk yang lain. Analisis procrustes menunjukan bahwa konfigurasi matriks responden anak-anak dan ibu rumah tangga memiliki kemiripan sebesar 72.25%.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcStatistical theoryid
dc.titleAnalisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Atribut Susu Pasteurisasi.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbiplotid
dc.subject.keywordprocrustesid
dc.subject.keywordproduk susu pasteurisasiid
dc.subject.keywordthurstoneid
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G15gsd.pdf
  Restricted Access
3.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.