Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80049
Title: Pengembangan Strategi Bisnis Menu Restoran Makassar dalam Mendukung Penyediaan Makanan Tradisional Makassar (Studi Kasus di Restoran Marannu dan Karebosi Kelapa Gading, Jakarta)
Authors: Hubeis, Musa
S. Palupi
Amrullah
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Bisnis yang tidak mengenal masa dan tidak pernah mati adalah bisnis usaha makanan dan minuman, sehingga bisnis inipun selalu ada, disetiap wilayah atau tempat, setiap usia dan setiap kelas masyarakat selalu membutuhkan makanan dan minuman, baik skala besar maupun kecil, dengan melihat keadaan dan kenyataan yang ada, maka bisnis restoran merupakan bisnis sangat menjanjikan dan akan memberikan keuntungan sangat menggiurkan. Tujuan penelitian ini adalah : (a) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal restoran menu makanan khas Makassar yang dapat memengaruhi perkembangan bisnis restoran, (b) menyusun strategi bisnis restoran menu makanan khas Makassar dan (c) menganalisis kepuasan konsumen yang sudah menjadi pelanggan restoran dengan menu makanan khas Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berasal dari 50 orang responden dengan alat bantu kuesioner yang terbagi atas 40 orang responden dengan kualifikasi pelanggan atau konsumen, 18 orang responden sebagai karyawan restoran dan 2 orang responden pemilik dari restoran obyek penelitian di Kelapa gading. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui pustaka, dokumen dan laporan dari instansi terkait. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis : (a) deskriptif, yang meliputi informasi prospek pasar, bahan baku, keuangan yang berkaitan dengan pasokan bahan baku, permintaan pasar dan pesaing strategik di bidang bisnis restoran; (b) analisis matriks EFE (External Factor Evaluation) dan IFE (Internal Factor Evaluation), matriks Internal External (IE); (c) matriks IE untuk melakukan pemetaan terhadap skor total matriks IFE dan EFE; (d) analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan; (e) Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menentukan tingkat kepuasan responden secara berdasarkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut bisnis restoran tersebut dan (f) Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis respon konsumen. Berdasarkan hasil penjumlahan skor total pada matriks IFE (2.659) dan EFE (2,576) mengindikasikan posisi usaha bisnis restoran Makassar stabil dalam merespon situasi eksternal yang dihadapi. Posisi usaha bisnis restoran Makassar berada pada tingkat rataan untuk mampu merespon iklim internal yang dimiliki. Posisi matriks IE menunjukkan posisi strategi pertumbuhan dan stabil untuk mencapai kondisi pertumbuhan penjualan, keuntungan dan aset. Usaha yang dapat dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan usaha. Kegiatan untuk peningkatan pemasaran dan pelayanan merupakan salah satu formulasi strategi yang dapat menjadi andalan utama bagi usaha bisnis restoran Makassar. Selain itu juga dilakukan pengembangan kegiatan usaha yang bertujuan untuk mempertahankan usaha, sehingga dapat berlangsung dan terhindar dari kehilangan penjualan dan kehilangan keuntungan. Berdasarkan SWOT didapatkan strategi pengembangan restoran menu makanan khas Makassar, yaitu (a) meningkatkan produktivitas, (b) peningkatan pelayanan, (c) meningkatkan efisiensi waktu dan pengadaan bahan baku, (d) meningkatkan volume penjualan dengan efektifitas pemasaran, (e) mempertahankan dan menjaga mutu produk yang dihasilkan, (f) meningkatkan loyalitas pelanggan, (g) meningkatkan teknologi produksi dan mutu produk, serta (h) memperbaiki mutu SDM. Nilai indeks kepuasan pelanggan (CSI) adalah sebesar 0.92, nilai tersebut berada pada kisaran 0.81-1.00, yaitu pelanggan merasa sangat puas terhadap Restoran menu makanan khas Makassar. Nilai rataan tingkat kinerja pelayanan (skor Likert) adalah sebesar 4.602 yang berarti mutu pelayanan pada restoran menu makanan khas Makassar adalah baik. Tingkat kepentingan pelayanan konsumen sebesar 4.665, yang berarti sangat penting bagi konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80049
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2016amr.pdf
  Restricted Access
21.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.