Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79834
Title: Evaluasi Penerapan ISO 9001:2008 Divisi Sentra Operasi Pada Pt Bank Rakyat Indonesia Jakarta
Authors: Cahyadi, Eko Ruddy
Nugraha, Hani Andias
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: ISO 9001:2008 merupakan salah satu prosedur yang perlu diterapkan oleh perusahaan dalam pencapaian kualitas, baik perusahaan, karyawan, barang dan jasanya. PT Bank Rakyat Indonesia telah menerapkan ISO 9001:2008 sejak tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan ISO 9001:2008 di PT Bank Rakyat Indonesia, menganalisis kendala yang dihadapi perusahaan dan merumuskan strategi penerapan ISO 9001:2008. Dalam penerapannya perusahaan harus mempertahankan sertifikat dengan menjalankan persyaratan-persyaratan yang telah ada. Berdasarkan uji paired sample T test menunjukan nilai signifikansi 0.041<0.05, berarti jenis temuan ketidaksesuaian terdapat perbedaan yang signifikan tahun 2013 dan 2014, sehingga penerapan ISO 9001:2008 pada Divisi Sentra Operasi bagian RTGS dan Kliring berjalan secara efektif. Kendala yang terjadi yaitu adanya ketidaksesuaian baru dan berulang pada klausul 8.2.3 dan 8.3. Alternatif strategi penerapan ISO yang menjadi pilihan yaitu pengembangan teknologi informasi dengan nilai bobot 0.392 sebagai prioritas utama, pelatihan dan pengembangan SDM (0.276), evaluasi dan rewards kinerja (0.223), serta pengembangan dan perbaikan BPO (0.110).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79834
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H15han1.pdf
  Restricted Access
1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.