Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79599
Title: Pendugaan Nilai Genetik Dan Seleksi Karakter Kualitatif Dan Kuantitatif Dua Populasi Cabai Hias
Authors: Aisyah, Syarifah Iis
Syukur, Muhamad
Rafiani, Ulfa Oktavia
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Penelitian bertujuan untuk menduga nilai heritabilitas populasi F2 cabai hias, serta untuk mendapatkan individu F2 yang memiliki karakter kualitatif dan kuantitatif unggul. Penelitian dilakukan di Indoflowers Nursery, Taman Kencana, Bogor dari Bulan April sampai dengan Agustus 2015. Bahan tanam yang digunakan yaitu galur 145, 92, 318, 20, F2 hasil persilangan 145 x 92 dan F2 hasil persilangan 318 x 20. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan rumus heritabilitas (h2bs) dalam arti luas, sedangkan data kualitatif dihitung dengan uji Khi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai heritabilitas populasi F2 hasil persilangan 145 x 92 bernilai tinggi pada karakter umur berbunga, umur panen, diameter batang, diameter buah, dan jumlah buah per tanaman, sedangkan untuk karakter tinggi tanaman, tinggi dikotomus, panjang buah, ketebalan kulit buah dan bobot buah memiliki nilai heritabilitas yang sedang. Nilai heritabilitas populasi F2 hasil persilangan 318 x 20 tinggi untuk karakter umur berbunga, umur panen, tinggi dikotomus, diameter batang, diameter buah, panjang buah, ketebalan kulit buah, bobot buah dan jumlah buah per tanaman, sedangkan untuk karakter tinggi tanaman memiliki nilai heritabilitas yang rendah. Terdapat 4 individu tanaman F2 hasil persilangan 145 x 92 dan 3 individu tanaman F2 hasil persilangan 318 x 20 yang terpilih.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79599
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A16uor.pdf
  Restricted Access
23.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.