Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79478
Title: Pengaruh Visualisasi Dan Isi Caption Pada Buklet Pembuatan Pupuk Organik Cair Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Di Kota Bogor
Authors: Saleh, Amiruddin
Matindas, Krishnarini
Yusnita, Titien
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Kota Bogor menghadapi tantangan besar dalam hal kebersihan. Produksi sampah yang berlebihan disebabkan jumlah penduduk Kota Bogor meningkat setiap tahunnya. Jika pada tahun 2006, produksi sampah mencapai 2.185m3/hari, maka sampai akhir tahun 2012 jumlah produksi sampah telah mencapai 2.447 m3/hari. Produksi sampah terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Bogor. Dampak dari produksi sampah yang berlebihan dapat mengganggu kestabilan ekosistem alam serta penurunan kualitas lingkungan. Hal ini berarti ancaman bagi kesehatan masyarakat. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas lingkungan adalah memberikan pendidikan lingkungan hidup sejak dini kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Peran serta warga sekolah dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat untuk menghindari dampak lingkungan yang negatif. Penelitian ini dirancang dengan metode True Experimental dengan desain faktorial 2x2 dan menggunakan Pretest Posttest Control Group sehingga terdapat lima kelompok yang dipilih secara acak dimana empat kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Tujuan penelitian eksperimen ini adalah: 1)Menganalisa jenis visualisasi yang paling efektif pada buklet pembuatan pupuk organik cair, 2)Menganalisa isi caption yang paling efektif pada buklet pembuatan pupuk organik cair, 3)Menganalisa kombinasi pesan yang paling efektif pada buklet pembuatan pupuk organik cair, 4)Menganalisa apakah karakteristik individu berkorelasi dengan peningkatan pengetahuan siswa SD di Kota Bogor. Adapun hasil penelitian eksperimen ini adalah: 1)Foto digital merupakan jenis visualisasi yang paling efektif, 2)Himbauan emosional merupakan himbauan pesan yang paling efektif, 3)Kombinasi pesan yang paling efektif pada buklet pembuatan pupuk organik cair adalah kombinasi antara foto digital dengan himbauan emosional, 4)Karakteristik individu tidak berkorelasi dengan peningkatan pengetahuan siswa SDN Kedung Badak 4 Bogor. Kesimpulan dari penelitian adalah perlu media komunikasi tentang lingkungan hidup yang sesuai untuk siswa sekolah dasar agar mereka mampu memahami pengolahan sampah sisa makanan dari rumah untuk diubah menjadi pupuk organik cair. Pemahaman siswa sekolah dasar terhadap pengolahan sampah di rumah diharapkan mampu meningkatkan kepedulian siswa sekolah dasar terhadap lingkungan terutama di daerah perkotaan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79478
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File SizeFormat 
2015tyu.pdf
  Restricted Access
34.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.