Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79328
Title: Rekayasa Visual Usability Pada Aplikasi Mobile Ekowisata Menggunakan Kansei Engineering.
Authors: Nurhadryani, Yani
Djatna, Taufik
Aktivia, Riva
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: User interface merupakan bagian terpenting pada aplikasi mobile. Untuk merancang user interface pada aplikasi mobile yang interaktif dengan pengguna, seorang desainer harus berfokus pada pengalaman pengguna (user experience) agar aplikasi tersebut menarik dan berfungsi dengan baik. Desain aplikasi yang usable (mudah digunakan) dapat meningkatkan penggunaan aplikasi, membantu pengguna untuk memahami aplikasi, meningkatkan loyalitas pengguna dan membantu pengguna lebih efisien dalam bekerja. Untuk membuat antarmuka aplikasi yang usable, diperlukan pengetahuan mengenai visual usability, kebutuhan pengguna, dan preferensi pengguna. Visual usability berkaitan dengan antarmuka aplikasi yang mudah dipahami oleh pengguna dan membantu pengguna menggunakan aplikasi. Tiap pengguna memiliki perbedaan dalam memilih desain yang mereka sukai, sesuai dengan personality mereka. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan karakter pengguna, keinginan pengguna, dan perasaan pengguna adalah metode rekayasa Kansei (Kansei engineering). Rekayasa Kansei adalah metode yang menerjemahkan Kansei (perasaan pengguna) menjadi spesifikasi desain sehingga produk yang dihasilkan akan memuaskan pengguna. Penelitian ini melakukan rekayasa usability pada aplikasi mobile ekowisata dengan mengidentifikasi kebutuhan elemen desain antar muka aplikasi berdasarkan personality traits, untuk mendesain tema ekowisata, mengekstrak fitur (kata Kansei) pada visual themes, dan mengevaluasi visual usability. Identifikasi kebutuhan elemen desain antar muka dan Kansei pengguna dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Adapun analisis data dilakukan dengan metode association rule mining. Selanjutnya perancangan tema aplikasi dilakukan dengan menggunakan rule yang dihasilkan dari rule pada association rule mining. Di samping itu, untuk mengekstrak fitur (kata Kansei) pada visual themes digunakan metode Key Element Extraction (KEE) dan Principal Component Analysis (PCA). Terakhir perhitungan akurasi visual usability berdasarkan personality. Pada penelitian ini terdapat 5 personality traits, yaitu extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness. Hasil identifikasi oleh association rule mining menunjukkan bahwa tiap personality traits memiliki perbedaan desain tema yang disukai. Ada 5 panduan desain yang dihasilkan untuk aplikasi mobile ekowisata. Dari panduan desain ini, didesain tema aplikasi mobile ekowisata. Hasil ekstraksi fitur (kata Kansei) menunjukkan bahwa masing-masing visual themes memiliki kata Kansei yang berbeda. Kata Kansei mengekspresikan emosi pengguna terhadap desain visual theme. Untuk tema 1 dan tema 2 dideskripsikan oleh kata clear. Sedangkan tema 3 dan tema 5 dideskripsikan oleh kata plain. Adapun tema 4 dideskripsikan oleh kata feminine. Tema ini kemudian divalidasi oleh pengguna. Hasil evaluasi dari responden menunjukkan bahwa tema visual usability yang dihasilkan memiliki tingkat akurasi yang baik sebesar 80%. Dari hasil akurasi ini diperoleh kesimpulan bahwa pengguna dapat memiliki kecendrungan memilih tema yang diajukan untuk personality traits yang berbeda dengan personality traits-nya. Penelitian ini merekomendasikan kepada desainer aplikasi mobile untuk mendesain aplikasi berdasarkan preferensi pengguna dan Kansei pengguna.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79328
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
2015rak.pdf
  Restricted Access
38.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.