Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/78863
Title: Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Alas Kaki Di Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor,
Authors: Hubeis, H Musa
Syamsun, Muhammad
Putri, Revina Devitani
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Industri alas kaki merupakan salah satu sektor industri yang prospektif bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Hal ini dikarenakan alas kaki sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap individu dengan segmen pasar yang luas, mulai dari anak kecil sampai dewasa dalam setiap lapisan masyarakat. Jumlah penduduk yang meningkat dan perubahan gaya hidup masyarakat akan menyebabkan permintaan alas kaki semakin meningkat. Kabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah potensial penghasil produk alas kaki. Data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor tahun 2011 tercatat ada sekitar 4.178 unit usaha yang menampung sekitar 15.295 tenaga kerja dengan perputaran uang yang masuk ke Kota Bogor mencapai Rp5 miliar per hari. Salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah alas kaki (UMKM-AK) yang merupakan sentra pembuatan sepatu/sandal andalan di wilayah Bogor berada di Kecamatan Ciomas. Laporan akhir “Kajian Pengembangan Kompetensi Inti Daerah Kabupaten Bogor” tahun 2007 menyebutkan bahwa produk dari UKM-AK Ciomas memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu komoditi ekspor, namun kelangsungannya mengalami kendala utama seperti (1) keterbatasan modal untuk pengadaan bahan baku secara mandiri untuk menentukan pasar sendiri secara bebas; (2) pengrajin terpola untuk selalu mengerjakan order dari tauke/bos, baik modal dan model yang telah ditetapkan, menjadikan pengrajin kurang melakukan inovasi dan meningkatkan kreatifitasnya dalam membaca peluang pasar yang masih sangat luas dan terbuka; (3) model dan desain yang dikerjakan masih monoton, karena posisinya sebagai follower dan ditentukan oleh pemesan (tauke/bos) juga merangkap sebagai penyedia bahan baku; (4) modal kurang dapat dikelola dengan baik, karena pembayaran yang diterima berupa cek mundur dua bulan dan itu setelah dikonversi dengan bahan baku dan output yang dihasilkan. Pembayaran dengan sistem bon putih (voucher) yang hanya dapat digunakan untuk belanja bahan baku di toko bahan baku yang ditunjuk oleh tauke yang berpotensi mengurangi margin seharusnya yang diterima; dan (5) teknologi proses produksi yang digunakan masih sederhana. Tujuan penelitian adalah (1) Mengidentifikasi karakteristik UKM-AK di Ciomas Kabupaten Bogor, (2) Menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal UKM-AK di Ciomas Kabupaten Bogor, dan (3) Merumuskan strategi pengembangan UKM-AK di Ciomas Kabupaten Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung pada aktor yang terkait baik melalui wawancara ataupun melalui angket/kuesioner dan data sekunder diperoleh dari hasil-hasil kajian, instasi terkait, laporan-laporan berkala atau tahunan, jurnal dan berbagai literatur yang berhubungan dengan kajian. Penentuan responden dilakukan dengan purposive sampling. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriptif, serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), posisi strategik, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threaths (SWOT) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan evaluasi pada faktor internal dan eksternal dari matriks SWOT diperoleh total skor matriks IFE 1.26 dan total skor matriks EFE 2.38, maka posisi strategik rencana pengembangan UKM-AK Ciomas adalah mendukung strategi agresif pada kuadran I yang berarti bahwa UKM memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif strategi yang menjadi prioritas utama bagi pengembangan UKM-AK Ciomas adalah meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/78863
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2015rdp.pdf
  Restricted Access
26.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.