Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76689
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuljono, Pudji-
dc.contributor.advisorRachmaniah, Meuthia-
dc.contributor.authorMuslim, Ahmad-
dc.date.accessioned2015-11-17T03:26:00Z-
dc.date.available2015-11-17T03:26:00Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76689-
dc.description.abstractPerpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan pusat ilmu pengetahuan harus menerapkan informasi sesuai dengan perkembangan teknologi. Penerapan Teknologi Informasi(TI) dapat mengubah pola kerja pustakawan di perpustakaan. Pustakawan harus mampu mengembangkan kompetensinya salah satunya melalui informal yaitu pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan Pelatihan Pusat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengembangkan program e-Learning dengan tujuan untuk mempercepat jumlah lulusan dengan kompetensi dalam pengelolaan perpustakaan. SCORM adalah kumpulan standar, pedoman dan spesifikasi untuk membangun e-Learning menggunakan web sebagai media. SCORM membangun komunikasi antara konten sisi klien untuk sistem host. Standar SCORM dibuat dengan tujuan untuk memenuhi aspek usabilitas, accessible, dan interoperable konten pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melihat kondisi e-Learning Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI yang ada saat ini. Berdasarkan kondisi e-Learning tersebut akan menentukan apakah e-Learning berbasis Moodle dapat dipergunakan untuk penyelenggaraan pelatihan. Dilanjutkan dengan penelaahan rekomendasi e-Learning yang menggunakan metode LTSA. Jika tidak terlaksana rekomendasi tersebut maka dilakukan pengkajian tentang pembuatan prototipe desain e-Learning Pusdiklat dengan menggunakan standar SCORM. Hasil penelitian ini adalah e-Learning Diklat Perpustakaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI belum operasional dengan menggunakan LTSA. E-Learning yang telah menggunakan standar SCORM berdasarkan hasil penelitian ini dapat digunakan dan telah memenuhi aspek reuseable, accessible, dan interoperable. Desain e-Learning Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI dengan menggunakan Standar SCORM merupakan contoh yang sesuai untuk pengembangan e-Learning Pusdiklat Perpustakaan Nasional. Operasionalisasi e-Learning Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI dapat diimplementasikan dengan menggunakan aplikasi, sistem administrasi dan manajemen pembelajaran/ Learning Management System (LMS) Moodle dan standar SCORM sebagai salah satu standar e-Learning saat ini.id
dc.language.isoidid
dc.subject.ddcLibrarian shipid
dc.subject.ddcE-Learningid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcJakartaid
dc.titleKajian Operasionalisasi E-Learning Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RIid
dc.subject.keyworde-Learningid
dc.subject.keywordPerpustakaan Nasionalid
dc.subject.keywordSCORMid
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2015amu.pdf
  Restricted Access
22.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.