Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76133
Title: Usaha dan Pengembangan Industri Keeil Berbasis Komllnitas Lokal
Authors: Singka, Fachry Noviar
Panjaitan, Nurmala K.
Muhandri, Tjahja
Issue Date: 2014
Publisher: Program Studi Industri Kecil Menengah (MPI) Sekolah Pascasarjana IPB
Series/Report no.: Vol. 9;No.2
Abstract: Rumah Kreatif Balikpapan (!u<:B) merupak3.n industri kecil batik tulis dan kerajinan daur ulang yang secJang berkembang. lndustri kecil ini melibatkan komunitas lokal yang terdiri dad para penyandang disabilitas dan ibu-ibu rurr.ah tangga. Keberadaan RKB merupakan bentuk kontribusi perusahaan mir,yak dan gas bumi (migas) terhadap masyarakat daerah operasi melalui progJram pemberdayaan masyarakat yang biasa disebut C(lrporate Social Responsibility. Kondisi RKB yang nl.lsih berkembang memerlukan strategi pengembangan usaha yang terarah dan sistematis. Penelitian ini bertujuan mengkaji kondisi usaha, kinerja dan menyusun strategi pengembangan usaha RKBdalam upaya meningkatkan kemandirian dan keberlangsungan usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, focus group discussion dan penggunaan kuesioner kepada 30 responden yang dipihh secara sengaja yang menggunakan produk RKB. Data dianalisis secara deskriptif dan untuk kajian kinerja dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA). Untuk kajian strategi, data diolah dengan matriks Internal Factor Evaluation (IF E), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal External (IE), ar,alisis matriks Strength, Weakness, Opportunities and T1:reats (SWOT) serta Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Hasil pemetaan kin€fja dan kepentingan konsumen menggambarkan RKB perlu meningkatkan alokas: sum/:ler daya memadai untuk pcningkatan kinerja dalam hal harga prod uk, kt!cepatan pemesanan, ketelitian pekerja, penangcman keluhan dan media promosi. Berdasarkal'. analisis SWOT dan QSPM didaputkan prioritaE: strategis pengembangan utama yang diimpler:1entasikan adalah restrukturisasi organisasi dan sis tern ITlanajemen, meningkatkan promosi, menjalin kerja sarna dengan lembaga perbankan, menetapkan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan dan meaingkatkan mutu layanan kepada pelanggan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76133
ISSN: 2085-8418
Appears in Collections:Jurnal Manajemen IKM

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ART2014fns.pdfFulltext6.46 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.