Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/75266
Title: Pengaruh Bentuk Visualisasi dan Format Narasi Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Pengolahan Yogurt Rumahan
Authors: Muljono, Pudji
Matindas, Krishnarini
Sasmita, Hari Otang
Issue Date: 2015
Abstract: Tujuan utama pembangunan milenium atau Millenium Development Goals (MDGs) di Indonesia, dengan prioritas pada pengentasan kemiskinan merupakan tekad dan kebijaksanaan pemerintah yang perlu didukung semua instansi dan institusi pembangunan. Agar upaya itu berhasil dengan baik perlu diikuti dengan pengembangan gerakan pemberdayaan keluarga yang dilaksanakan secara intensif. Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Menteng Berkarya merupakan forum kebersamaan yang anggotanya melakukan aktifitas nyata dalam gerakan pembangunan di lingkungannya. Agar gerakan pemberdayaan keluarga ini dapat berjalan lebih efektif dan efisien perlu didukung dengan penggunaan media pembelajaran sebagai sarana transfer pengetahuan dan keterampilan. Atas pertimbangan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media video terhadap peningkatan pengetahuan pengolahan yogurt, (2) pengaruh bentuk visualisasi dalam penyampaian pesan melalui video terhadap peningkatan pengetahuan pengolahan yogurt, (3) pengaruh format narasi dalam penyampaian pesan melalui video terhadap peningkatan pengetahuan tentang pengolahan yogurt dan (4) pengaruh interaksi antara bentuk visual dan format narasi dalam medium video terhadap peningkatan pengetahuan tentang pengolahan yogurt. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental dengan menggunakan pretes-postes Control Group Design dan menggunakan factorial design 2x2. Unit eksperimen adalah 48 orang anggota Posdaya Menteng Berkarya, Kota Bogor. Seluruh unit eksperimen dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 12 orang berjenis kelamin perempuan. Tiap kelompok memperoleh perlakuan berbeda yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan yang relevan dengan peubah yang akan diteliti. Kuesioner ini diberikan pada saat sebelum dan setelah tayangan multimedia. Data tentang karakteristik dianalisis dengan distribusi frekuensi. Data tentang skor pretes dan postes dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan (paired sample t-Test). Data perbedaan pengaruh perlakuan media video terhadap peningkatan pengetahuan responden menggunakan analisis sidik ragam (Analysis of varians). Data untuk nilai tengah yang sama dengan yang tidak sama di antara nilai-nilai tengah peningkatan pengetahuan responden dilakukan dengan Uji Wilayah Berganda Duncan (Duncan’s Mulltiple Range Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua perlakuan melalui medium video yang diberikan pada tiap kelompok dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang informasi pengolahan yogurt rumahan. Bentuk visualisasi video dan foto pada medium video tidak berbeda nyata dalam mempengaruhi peningkatan pengetahuan responden. Namun dua bentuk visualisasi tersebut memiliki kekuatan yang sama untuk meningkatkan pengetahuan responden tentang pengolahan yogurt. Format narasi formal dan personal tidak berbeda nyata dalam mempengaruhi peningkatan pengetahuan responden. Narasi suara cenderung lebih berfungsi sebagai penunjang tampilan visual untuk lebih mengefektifkan pesan yang disampaikan melalui produk multimedia. Interaksi bentuk visual dan format narasi tidak berpengaruh nyata pada peningkatan pengetahuan responden. Namun dua faktor tersebut saling membantu untuk menjelaskan maksud pesan yang disampaikan, sehingga empat kombinasi perlakuan memiliki kemampuan yang sama untuk meningkatkan pengetahuan responden pengolahan yogurt.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/75266
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2015hos.pdf
  Restricted Access
Fulltext30.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.