Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/74635
Title: Manajemen Pemanenan dan Transportasi Hasil Panen Kopi Arabika (Coffea arabica L.)di Kebun Blawan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Bondowoso, Jawa Timur.
Authors: Purnamawati, Heni
Wachjar, Ade
Wardhani, Yuniar Kusuma
Issue Date: 2015
Publisher: Manajemen Pemanenan dan Transportasi Hasil Panen Kopi Arabika (Coffea arabica L.)di Kebun Blawan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Bondowoso, Jawa Timur.
Abstract: Kegiatan magang yang dilakukan bertujuan mempelajari teknis budidaya tanaman kopi dan pengelolaan perkebunan kopi pada keadaan lapangan yang sesungguhnya. Selain itu, kegiatan magang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan melatih keterampilan kerja dan mempelajari secara mendalam pengelolaan panen dan transportasi hasil panen kopi serta mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam pemanenan berikut pemecahannya. Kegiatan magang dilaksanakan di Kebun Blawan, PT Perkebunan Nusantara XII (Persero), Bondowoso, Jawa Timur selama empat bulan mulai bulan Februari sampai bulan Juni 2014. Kegiatan magang dilaksanakan dengan cara kerja langsung sesuai dengan kegiatan yang ada di lapangan, baik kegiatan teknis maupun kegiatan manajerial kebun. Peubah yang diamati yaitu luas areal panen selektif dan rotasi petik panen selektif, sistem dan cara pemanenan buah kopi, jumlah tenaga pemetik pada satu tahap pemanenan, alat pemanenan dan prestasi kerja pemetik dan jumlah tanaman yang dipanen per hari serta bobot kopi yang diperoleh. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa luas areal panen selektif di Afdeling Besaran untuk tahun 2014 sebesar 5-8 ha dengan rotasi petik 10-12 hari. Sistem dan cara panen selective di Afdeling Besaran yaitu sistem larikan dimana setiap pemetik diberi satu larikan tanaman dan jumlah tenaga pemetik yang bervariasi antara pemetik/hari pada satu tahap pemetikan. Alat panen yang biasa digunakan yaitu kocok (keranjang plastik) dan tekotek (tas dari bahan karung). Kegiatan pemanenan di Kebun Blawan dilaksanakan berdasarkan standar perusahaan. Dalam pelaksanaan di lapangan masih terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dibenahi. Permasalahan yang terjadi dalam pemanenan antara lain jumlah buah hijau yang terpetik masih di atas toleransi kebun dan manajemen pelaksanaan panen selektif. Perencanaan panen yang tidak akurat dapat menyebabkan taksasi dan realisasi yang didapat tidak sesuai, demikian pula penggunaan tenaga pemetik juga harus disesuaikan dengan kondisi buah yang ada di lapang. Berdasarkan hasil analisis regresi, bulan kering dan curah hujan tidak berpengaruh terhadap produktivitas kopi di Kebun Blawan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/74635
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A15ykw.pdf
  Restricted Access
Fulltext17.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.