Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73805
Title: Jagoan nanggung: tokoh-tokoh dengan jurus “pena sakti” (percaya diri, cinta indonesia, sopan santun, kerja sama, dan empati) sebagai media pengembangan karakter siswa-siswi sdn nanggung 01 melalui seni peran
Authors: Alfiasari
Rachmawati, Meilia
Rifai, Ahmad Fauzan
Wiratama, Endy Filintas
Syahidah, Nur
Ainisa, Syifa Nurul
Issue Date: 2014
Publisher: Bogor Agricultural University, Institut Pertanian Bogor
Abstract: Pendidikan merupakan salah satu kunci bagi kemajuan bangsa. Pendidikan seharusnya bukan hanya menitik beratkan pada kemampuan intelektual tetapi juga kemampuan sosial emosional yang dapat mengasah kreatifitas anak. Namun kenyataanya tidak semua sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana tersebut terutama sekolah yang berada di desa. Hal tersebut juga terjadi pada SDN Nanggung 01 Bogor. SDN Nanggung 01 Bogor tidak memiliki sarana dan prasarana untuk kegiatan tersebut. Padahal kegiatan ini tidak hanya akan menambah kemampuan siswa-siswi tetapi juga dapat dijadikan suatu media untuk menerapkan karakter pada anak terutama anak usia sekolah. Pendidikan karakter harus diterapkan melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan, baik secara spontan maupun dengan keteladanan. Salah satu cara yang tepat melaksanakan pendidikan karakter adalah lewat media kesenian. Dalam setiap kesenian terdapat pesan-pesan moral yang bisa disampaikan dengan cara yang menyenangkan, karena sambil menikmati tontonan, tanpa terasa juga memasukkan nilai-nilai tuntunan.Bimbingan dan pendidikan karakter melalui seni peran misalnya, cukup signifikan untuk menyalurkan emosi peserta didik ke arah pembentukan pribadi yang baik. Dipahami, bahwa esensi seni pertunjukan adalah konflik manusia. Perhatian terhadap konflik kemanusiaan itulah yang menjadi dasar dari seni peran. Anak mempunyai kesempatan memerankan tokoh. Peran tokoh itu jika dihayatinya dengan baik, maka tanpa sadar prosesi itu akan membantu dalam proses pendewasaan diri. Mereka mengidentifikasikan diri dengan tokoh-tokoh yang dibawakannya, dan juga mengenal baik tokoh tersebut. Demikian pula, tahu secara persis nilai-nilai (moral) yang diperjuangkannya, sehingga mereka pun terlatih dalam upaya memecahkan problemnya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan seni dapat membantu peserta didik ke arah pembentukan pribadi yang erat hubungannya dengan pembentukan sikap sosial. Anak akan menyadari bahwa masing-masing individu terjadi atas tiga dimensi, yakni sebagai makluk ciptaan Tuhan, makhluk individu, dan makhluk sosial. “Jagoan Nanggung: Tokoh dengan Jurus “Pena Sakti” (Percaya Diri, Cinta Indonesia, Sopan Santun, Kerja Sama, dan Empati) sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa-Siswi SDN Nanggung 01 Bogor melalui Seni Peran” merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membentuk suatu karakter anak sekaligus memberikan sarana dan prasarana untuk anak dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang seni. Metode pengembangan karakter dilakukan dengan memperkenalkan icon Jagoan Nanggung yang memiliki Jurus “Pena Sakti” yaitu percaya diri, cinta Indonesia, sopan santun, kerja sama, dan empati. Penerapan pengembangan karakter telah dilakukan selama pelatihan seni peran disetiap pertemuan. Pertemuan akan dilakukan selama enam kali, dan di akhir pertemuan akan diadakan pementasan seni di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan jiwa yang unggul pada siswa siswi kelas 4 dan 5 SDN Nanggung 01 Bogor dengan tambahan kemampuan di bidang seni. Kegiatan ini juga menjadi suatu ekstrakulikuler berkelanjutkan yang dapat diterapkan di SDN Nanggung 01 Bogor dan menjadi media anak untuk melatih dan menyalurkan seni serta menjadi sarana pendidikan karakter.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73805
Appears in Collections:PKM - Pengabdian kepada Masyarakat

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_I24110049_.pdfFull text983.93 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.