Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73700
Title: E-LEG3D (Emotional Legend 3-Dimension): meningkatkan kecerdasan emosi anak melalui dongeng nusantara dalam bentuk buku dongeng tiga dimensi
Authors: Alfiasari
Anggraeni, Shelly Diah
Aghustina, Fauziah
Maesaroh, Siti
P, Riska Anggareni
Ramadhan, Gilang
Issue Date: 2014
Publisher: Bogor Agricultural University, Institut Pertanian Bogor
Abstract: E-LEG3D (Emotional Legend Three Dimension) merupakan modul atau alat bantu untuk anak dalam mempelajari dan mengenal emosi mereka. Alat ini berbentuk pop-up yang berisi tentang dongeng nusantara.Melalui pembelajaran dengan alat ini, diharapkan anak dapat membedakan antara emosi senang, sedih, kecewa dan sebagainya. Buku dongeng E-LEG3D ini terdiri dari 5 seri, yang mengacu pada unsur kecakapan yang dikemukakan oleh Goleman, yaitu: 1. Seri pertama, berisi cerita pengenalan emosi . 2. Seri kedua, berisi cerita untuk memberikan contoh pengendalian emosi. 3. Seri ketiga, berisi cerita untuk menumbuhkan rasa empati pada anak. 4. Seri keempat, berisi cerita yang memotivasi anak untuk melakukan kegiatan atau perbuatan baik. 5. Seri kelima, berisi cerita mengenai interaksi yang baik antara anak dengan orang lain dan lingkungan. Metode pelaksanaan dalam pembuatan alat ini adalah survey bahan baku dan tempat produksi, penyempurnaan desain dan isi cerita, pembuatan produk, demonstrasi produk, finalisasi produk, survey peluang komersialisasi konsumen dan produsen, pengurusan paten, dan puplikasi artikel ilmiah. Dalam pembuatan E-LEG3D ini membutuhkan biaya sebesar Rp12.486.000,00, terdiri dari biaya penunjang (sebesar Rp2.536.000,00), biaya bahan habis pakai (sebesar Rp5.850.000,00), biaya transportasi (sebesar Rp.600.000,00) dan biaya untuk hak paten (sebesar Rp3.500.000,00). Jadwal kegiatan yang kami bentuk adalah bulan pertama akan dilakukan survey bahan baku dan tempat produksi serta penyempurnaan desain dan ide cerita. Bulan kedua, pembuatan produk. Bulan ketiga dilakukan demonstrasi produk dan finalisasi produk. Bulan keempat dilakukan survey peluang komersialisasi pada konsumen dan produsen dan pengurusan paten. Dan bulan terakhir produk karsa cipta sudah selesai maka akan dilakukan penulisan serta publikasi artikel ilmiah mengenai produk tersebut.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73700
Appears in Collections:PKM - Karsa Cipta

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_I24110003_.pdfFull text2.38 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.