Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73621
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDwiriani, Cesilia Meti
dc.contributor.authorFikri, Al Mukhlas
dc.contributor.authorLisnawati, Elis
dc.contributor.authorMubarokah, Ulfah
dc.contributor.authorLatifah, Suci
dc.contributor.authorKartika, Yuni
dc.date.accessioned2015-01-19T06:07:13Z
dc.date.available2015-01-19T06:07:13Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73621
dc.description.abstractPermasalahan gizi di Indonesia beberapa tahun terakhir semakin kompleks. Riskesdas 2010 menyebutkan, sekitar 70 % anak usia sekolah kurang mendapat asupan. Disisi lain Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat tahun 2007 menyebutkan satu dari sepuluh anak Indonesia mengalami kelebihan berat badan. Pengenalan gizi seimbang merupakan hal yang penting karena diharapkan dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas gizi khususnya pada anak-anak. Pemberian pengetahuan melalui permainan diketahui lebih efektif dalam peningkatan pengetahuan anak. Permainan Nutri-Roll merupakan inovasi permainan roda rollet yang diadaptasi menjadi permainan edukasi gizi. Nutri-Roll menggunakan empat prinsip gizi seimbang kedalam permainan yang menarik bagi anak sekolah. Nutri-Roll dapat dijadikan media sosialisasi prinsip gizi seimbang pada anak sekolah dan mudah dimainkan dimana saja. Birena IPB merupakan lembaga semi otonom di bawah naungan DKM Al Hurriyyah IPB yang memiliki tiga puluh pengurus. Umumnya peserta Birena terdiri dari anak-anak usia lima tahun hingga enam belas tahun. Anak-anak seusia ini memang sangat sulit untuk diarahkan memilih menu makanan yang baik untuk tubuhnya. Anak-anak Birena berasal dari keluarga yang memilki kemampuan perekonomian menengah kebawah. Pelaksanaan permainan yang dirancang berupa permainan kartu bergambar, papan bergambar, pion, dan roda rollet. Kartu bergambar yang digunakan dalam permainan ini terbuat dari karton tebal berukuran 12 cm x 15 cm yang menjelaskan prinsip gizi seimbang. Pelaksanaan program terdiri dari demonstrasi permainan Nutri-Roll, praktek gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari dan pemantauan berat badan dan pemilihan duta gizi. Hasil yang diharapkan dari demonstrasi permainan ini ialah meningkatnya pengetahuan anak-anak mengenai gizi seimbang. Indikator keberhasilan dari program ini ialah anak-anak mampu mengaplikasikan pesan permainan dengan baik. Keberlanjutan Nutri-Roll diharapkan berkembangnya permainan edukasi gizi di masyarakat secara luas. Luaran yang diharapkan dari Nutri-Roll adalah tertanamnya pola hidup sehat sejak dini serta perubahan perilaku anak-anak dengan mengikuti aturan gizi seimbang.en
dc.description.sponsorshipDiktien
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University, Institut Pertanian Bogor
dc.title“Nutri-Roll” permainan edukatif pengenalan gizi seimbang untuk anak sekolah dasaren
dc.typeOtheren
dc.subject.keywordNutri-Rollen
dc.subject.keywordGizi Seimbangen
dc.subject.keywordPermainan Edukatifen
dc.subject.keywordAnak Sekolah Dasaren
Appears in Collections:PKM - Pengabdian kepada Masyarakat

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_I14110002_.pdfFull text653.79 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.