Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73608
Title: Paman Indra (papan permainan inspirasi dari rakyat): wujud cinta indonesia
Authors: Hernawati, Neti
Purnama, Nurjanah
Widianti, Safira
Rahmaniah, Bona Intan
Widyasari, Yunni
Anggraini, Virgi Rya
Issue Date: 2013
Publisher: Bogor Agricultural University, Institut Pertanian Bogor
Abstract: Pada era globalisasi, kemajuan teknologi menjadi semakin canggih.Hal tersebut membuat para generasi muda menjadi semakin mudah dalam mengakses informasi yang lebih mengenai budaya luar.Hal ini menjadikan generasi muda banyak kehilangan pilar-pilar kebudayaan yang selama ini dianut oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu kami membuat program kreativitas mahasiswa di bidang pengabdian masyrakat yang kami beri nama PAMAN INDRA (Papan Permainan Inspirasi dari Rakyat : Wujud Cinta Indonesia) ini menjadi sebuah sarana dan wadah dalam menumbuhkan kembali minat dan rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap budaya Indonesia. PKM-M PAMAN INDRA memiliki tujuan, yaitu : 1. Menumbuhkan rasa cinta tanah airkepada anak melalui seni. 2. Mengenalkan beberapa unsur budaya Indonesia seperti lagu daerah, pakaian adat dan rumah adat. 3. Melestarikan budaya Indonesia melalui lembaga pendidikan formal dari tingkat yang paling rendah yaitu anak usia sekolah dasar. 4. Mengasah anak untuk bersikap terbuka terhadap perbedaan yang ada di sekitarnya, termasuk perbedaan suku, warna kulit, bahasa, dan agama. Selain itu program ini memiliki luaran yang diharapkan yaitu sebagai berikut : Luaran yang diharapkan dengan terlaksananya program ini, yaitu: 1. Dengan melakukan pembelajaran aplikatif melalui PAMAN INDRA dapat meningkatkan kemampuan anakdalam mengenali lagu-lagu daerah. 2. PAMAN INDRA dapat membuat anak lebih mudah mengenal pakaian dan rumah adat daerah 3. Dengan PAMAN INDRA anak dapat meningkatkan rasa cintaterhadap budaya Indonesia dan muncul keinginan untuk melestarikannya. 4. Melalui PAMAN INDRA anak dapat mengetahui keberagaman unsur budaya yang ada di Indonesia sehingga anak dapat bersikap baik dan tidak melakukan hal-hal negatif yang dapat mengganggu ketentraman karena telah memahami makna perbedaan dan keberagaman dengan lingkungan sekitarnya. Pada program kami ini, kami mengambil sasaran siswa-siswi kelas 3 SD Negeri Pondok Rumput 2, Jalan Pondok Rumput Nomor 44, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.Jumlah kelas yang menjadi sasaran sebanyak 2 kelas yaitu kelas 3A dan kelas 3B. Kelas 3A terdiri dari 20 orang laki-laki dan 16 perempuan, sementara kelas 3B terdiri dari 19 laki-laki dan 17 perempuan. A. Kami memilih SDN Pondok Rumput 2 sebagai sekolah percontohan karena berdasarkan diskusi dengan pihak sekolah diketahui bahwa umumnya para siswa tergolong kelas menengah ke bawah. Hal ini menyebabkan para siswa memiliki kemampuan yang terbatas dalam mengakses sarana dan prasarana yang dapat memfasilitasi mereka untuk mempelajari budaya Indonesia secara individual khususnya lagu daerah, rumah adat, dan pakaian adat. B. Selain itu, masih menurut pihak sekolah, yang menjadi alasan utama kami adalah rasa nasionalisme siswa-siswi masih sangat minim. Hal ini ditunjukkan pada saat upacara bendera mayoritas siswa kurang fasih atau lancar dalam menyanyikan lagu-lagu bertema kebangsaan. Di sinilah kami merasa tergerak untuk menumbuhkan kesadaran dan membangkitkan semangat serta rasa cinta mereka akan budaya bangsa sendiri.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73608
Appears in Collections:PKM - Pengabdian kepada Masyarakat

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_I24110053_.pdfFull text1.54 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.