Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73377
Title: Strategi Pelayanan Unit Kerja Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Kepada Puskesmas Cipaku
Authors: Rahmawati, Siti
Lugina, Sammy
Issue Date: 2014
Abstract: Puskesmas adalah salah satu unit pelayanan teknis milik Dinas Kesehatan yang melayani kesehatan masyarakat dengan penyebaran paling luas dibandingkan dengan unit pelaksana lainnya seperti Rumah Sakit. Berdasarkan Kepmenkes RI No. 128/Menkes/SK/II/2004, Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unit pelayanan Puskesmas yang meliputi: Unit Pendaftaran, Poli Umum, Poli Gigi, Poli KIA, Laboratorium, PONED, dan Farmasi yang telah melakukan pelayanan dengan baik dan untuk mengidentifikasi dimensi mutu pelayanan paling menonjol berdasarkan RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Emphaty, Responsiveness) yang telah dilakukan oleh Puskesmas. Kualitas pelayanan dinilai berdasarkan kepuasan pasien yang diukur menggunakan CSI (Customer Satisfaction Index) sedangkan identifikasi mutu pelayanan diukur berdasarkan IPA (Important Performance Analysis). Hasil penelitian dengan CSI menunjukkan nilai tertinggi kepuasan pasien adalah BP Gigi dengan nilai 90.13% yang mengindikasikan bahwa pasien sangat puas.Hasil penelitian dengan IPA dan CSI menunjukkan dimensi mutu pelayanan RATER yang paling dominan terjadi adalah dimensi Tangible dengan skor 4.20.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73377
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H14slu.pdf
  Restricted Access
Fulltext11.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.