Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73326
Title: Analisis Beban Kerja Teller dan Back Office ( Studi Kasus Bank BCA KCP Cilandak )
Authors: Kartika, Lindawati
Putra, Naufal Dwi
Issue Date: 2014
Abstract: Bank BCA merupakan salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Bank BCA selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas untuk para nasabahnya. Kepuasan dari nasabah sangat penting untuk tetap menjadikan Bank BCA menjadi bank yang terkemuka di Indonesia. Bank BCA KCP Cilandak merupakan salah satu dari sekian banyak kantor cabang yang dimiliki oleh Bank BCA yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pelayanan yang diberikan oleh Bank BCA tidak lepas dari peran teller dan back officenya yang senantiasa melayani kebutuhan para nasabah bank BCA. Di BCA KCP Cilandak, teller dan back officenya memiliki tugas pokok pekerjaan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi analisis pekerjaan / TUPOKSI ( tugas pokok dan fungsi ) teller dan back office di BCA KCP Cilandak. (2) Menganalisis perbandingan penggunaan waktu kerja produktif dan tidak produktif teller dan back office di BCA KCP Cilandak. (3) Menganalisis jumlah kebutuhan ideal teller dan back office pada BCA Cilandak berdasarkan hasil analisis beban kerja. (4) Merumuskan solusi alternatif yang perlu dilakukan BCA KCP Cilandak dalam meningkatkan kinerja teller dan back office agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan di BCA KCP Cilandak. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara terhadap teller dan back office di BCA KCP Cilandak. Adapun data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan informasi dari internet. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh uraian tugas pokok dan fungsi pokok pekerjaan teller dan back office di Bank BCA KCP Cilandak. Waktu kerja produktif dan waktu kerja tidak produktif dengan jumlah 7 orang teller dan 1 orang back office diperoleh waktu kerja produktif tertinggi dihasilkan oleh teller 7 sebesar 94.44%. Sedangkan waktu kerja tidak produktif tertinggi dihasilkan oleh teller 3 sebesar 18.15%. Bank BCA KCP Cilandak perlu mengoptimalkan kinerja dan juga menambah beban kerja masing-masing teller dan back officenya karena dari hasil perhitungan beban kerja ketujuh teller diperoleh nilai Full Time Equivalent (FTE) sebesar 0.899, begitupun dengan nilai Full Time Equivalent (FTE) back office sebesar 0.868 dimana nilai keduanya < 1 dan berada pada posisi underload.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73326
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H14ndp.pdf
  Restricted Access
Fulltext20.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.