Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73079
Title: Strategi Pelabuhan Tanjung Priok sebagai International Hub Port : Studi Banding dengan Pelabuhan Singapura
Authors: Lubis, Ernani
Iskandar, Budhi Hascaryo
Pane, Anwar Bey
Arnita, Devi
Issue Date: 2014
Abstract: Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta merupakan pelabuhan utama nasional dan internasional yang menjadi pintu gerbang konektivitas ekonomi nasional dan internasional yang berfungsi sebagai tulang punggung pembangunan nasional, dengan total volume angkutan barang 60 % dari dan ke Indonesia. Pelabuhan Tanjung Priok juga memiliki posisi yang begitu penting dalam sistem transportasi dan logistik nasional sehingga menuntut Pelabuhan Tanjung Priok secara berkesinambungan harus mampu memfasilitasi aktifitas perekonomian dan perdagangan Indonesia, dan pada akhirnya diharapkan Pelabuhan Tanjung Priok dapat mendorong sektor perdagangan dan industri nasional guna menghadapi perdagangan bebas internasional. Sehingga diharapkan Pelabuhan Tanjung Priok dapat menjadi international hub port dengan melakukan studi banding dengan Pelabuhan Singapura lalu membuat perumusan mengenai kriteria international hub port. Namun berbagai kendala ditemukan untuk menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai international hub port. Kendala-kendala tersebut antara lain ketertinggalan dalam hal infrastruktur dan suprastruktur juga kinerja operasional pelabuhan masih jauh jika dibandingkan dengan Pelabuhan Singapura. Pelabuhan Tanjung Priok dalam hal ini kurang diminati oleh main line operator (operator utama) dari operator kapal-kapal yang berukuran besar (mother vessel) untuk aktifitas bongkar muat dan transhipment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan utama Pelabuhan Tanjung Priok terkait kondisi infrastruktur, suprastruktur dan sumber daya manusia sehubungan dengan pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu juga untuk mengetahui hasil perbandingan kinerja operasional yang merupakan bagian dari port performance indicators (PPI) antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pelabuhan Singapura agar dapat mengetahui kemungkinan kesiapan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai international hub port dan menentukan strategi pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi international hub port. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Desember 2013, bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Singapura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif komparatif antara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan Pelabuhan Singapura di masing-masing terminal peti kemasnya. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung di lokasi penelitian untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Selain itu pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara survey, dengan tujuan untuk meneliti lokasi secara langsung. Survey dilakukan dengan teknik wawancara atau kuesioner. Wawancara dan penyebaran kuesioner pada orang terpilih yaitu responden yang terkait langsung dengan kegiatan pelabuhan baik itu mengenai permasalahan dan pengembangan kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Hasil penelitian menujukkan terdapat masalah terhadap kondisi infrastruktur Pelabuhan Tanjung Priok antara lain alur pelayaran Pelabuhan Tanjung Priok yang memiliki kedalaman yang dangkal yaitu 10-14 meter dan sering terjadi sedimentasi setiap saat. Kedalaman kolam Pelabuhan Tanjung Priok variatif tiap terminal peti kemasnya dan memiliki kedalaman kolam yang dangkal dan terjadi sedimentasi. Panjang dermaga relatif pendek untuk masing-masing dermaga antara 591 – 1500 meter. Hal ini menyebabkan kapal-kapal ukuran mother vessel tidak bisa masuk ke pelabuhan. Masalah yang ditemukan pada kondisi suprastruktur pelabuhan masih terbatasnya fasilitas gudang sehingga pembongkaran barang cenderung truck losing. Selain itu banyak pengusaha yang menjadikan pelabuhan sebagai gudang sementara sebagai tempat penyimpanan barang karena tidak memiliki warehouse. Selain itu nilai port performance indicators Pelabuhan Tanjung Priok lebih tinggi dari Pelabuhan Singapura sehingga pelayanan kapal menjadi lebih lama. Namun demikian saat ini pemerintah sedang melakukan pembangunan di Pelabuhan Tanjung Priok yang diharapkan dapat lebih banyak melayani kapal yang akan melakukan bongkar muat. Dengan melihat ciri-ciri hub port yang dimiliki Pelabuhan Singapura serta hasil dari analisis SWOT pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok menunjukkan kondisi yang kuat baik internal maupun eksternalnya. Ini menandakan bahwa Pelabuhan Tanjung Priok memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk dapat menjadi suatu hub port international, ditambah lagi dengan proyek pembangunan New Priok port selesai dilakukan maka kelak Pelabuhan Tanjung Priok dapat menjadi hub port international karena ciri-ciri hub port yang dimiliki oleh Pelabuhan Singapura juga dimiliki oleh Pelabuhan Tanjung Priok.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73079
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2014dar.pdf
  Restricted Access
Fulltext32.34 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I373.93 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Metodologi Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB II971.63 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Keadaan Umum Lokasi Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III1.27 MBAdobe PDFView/Open
BAB IV Perumusan Kriteria International Hub Port.pdf
  Restricted Access
BAB IV340.54 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Permasalahan Utama Pelabuhan ....pdf
  Restricted Access
BAB V1.02 MBAdobe PDFView/Open
BAB VI Port Performance Indicators ....pdf
  Restricted Access
BAB VI454.11 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Strategi Pengembangan Pelabuhan ....pdf
  Restricted Access
BAB VII387.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB VIII Pembahasan Umum.pdf
  Restricted Access
BAB VIII316.4 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover315.9 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran293.63 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan319.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.