Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72883
Title: Strategi Pengembangan Manajemen Teknologi Galangan Kapal Koperasi Pegawai Negeri Dinas Perikanan (KPNDP) DKI Jakarta di Muara Angke
Authors: Wisudo, Sugeng H.
Iskandar, Budhi Hascaryo
Novita, Yopi
Apriliani, Izza Mahdiana
Issue Date: 2014
Abstract: Kapal adalah salah satu faktor penting dalam unit penangkapan ikan dan menentukan keberhasilan operasi penangkapan ikan. Galangan kapal merupakan unsur penunjang untuk memenuhi kebutuhan kelaikan kapal pada saat melaut. Kegiatan yang dilakukan di galangan kapal yaitu kegiatan perawatan kapal beserta mesinnya, yang bertujuan untuk menjaga agar kondisi kapal tetap baik. Galangan kapal di daerah Muara Angke sejumlah empat galangan namun harus mampu menangani kapal di sekitar wilayah Muara Angke. Keberadaan galangan kapal belum bisa mengakomodir kapal yang ada sehingga timbul antrian kapal dalam galangan. Galangan kapal Koperasi Pegawai Negeri Dinas Perikanan (KPNDP) DKI Jakarta di Muara Angke Jakarta adalah galangan kapal yang melayani perawatan untuk kapal ikan. Kajian Kurniawati (2011) menyebutkan galangan kapal ini sudah memiliki tingkat teknologi yang berada pada tingkat semi modern, namun antrian kapal yang masih cukup panjang belum bisa teratasi. Keberadaan persaingan global, galangan kapal KPNDP Muara Angke dihadapkan pada penentuan strategi dalam pengelolaan usahanya. Penentuan strategi akan dijadikan sebagai landasan perbaikan dan efisiensi dalam pengembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi struktur jaringan kerja, menentukan jalur kritis dan mengetahui efektifitas proses perbaikan kapal serta merumuskan strategi pengembangan manajemen teknologi galangan kapal KPNDP Muara Angke. Penelitian ini dilaksanakan bulan November hingga Desember 2014 di galangan KPNDP. Data yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk menganalisis jaringan kerja dengan metode jalur kritis dan untuk merumuskan strategi melalui metode balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan kapal ringan dapat diselesaikan selama 5 hari dan memiliki efektivitas 98% dibandingkan waktu yang dialokasikan oleh galangan. Perbaikan berat dapat diselesaikan selama 10 hari, lamanya perbaikan ini dipengaruhi dengan kerusakan mesin yang membutuhkan proses perbaikan yang lama. Penilaian kinerja dilihat berdasarkan 4 perspektif, yaitu perspektif finansial, pelanggan, bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Nilai tersebut digunakan untuk melihat sejauh mana kegiatan perbaikan kapal yang selama ini dilakukan pihak galangan dengan target yang diinginkan galangan. Analisis hasil penilaian kinerja didapatkan hasil sebesar 73 atau berada pada wilayah sedang. Perlu dilakukan perbaikan-perbaikan agar kinerja galangan kapal KPNDP menjadi lebih baik. Berdasarkan penilaian kinerja tersebut menghasilkan 10 rumusan strategi yang dapat dilaksanakan oleh pihak galangan guna meningkatkan pengembangan manajemen teknologi pada galangan kapal.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72883
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2014ima.pdf
  Restricted Access
Fulltext18.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.