Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72431
Title: Analisis tingkat kepuasan pasien umum rawat inap terhadap kualitas pelayanan rumkitdik kramat jati, Jakarta Timur
Authors: Siregar, Edward H.
Maulina, Istiani
Issue Date: 2014
Publisher: Bogor Agricultural University
Abstract: Rumah sakit merupakan fasilitas kesehatan rujukan utama bagi masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan kesehatan baik untuk pengobatan maupun untuk pemulihan kesehatannya. Sebagai pusat rujukan kesehatan utama, rumah sakit dituntut mampu memberikan pelayanan yang komprehensif bagi setiap pasiennya. Salah satu rumah sakit pemerintah yang ada di Jakarta Timur yaitu Rumah Sakit Pendidikan/RUMKITDIK juga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum. Dalam perkembangannya semakin banyak rumah sakit khususnya di Jakarta, dimana persaingan dalam memperoleh pelanggan pun semakin ketat.Karena itu diperlukan peningkatan kualitas pelayanan di RUMKITDIK demi kepuasan pasien. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara dan penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden untuk mendapatkan data primer, sedangkan untuk mendapatkan data sekunder berasal dari studi pustaka. Pengambilan sample yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobablity sampling dengan teknik purposive sampling. Sedangkan untukpengolahan data dilakukan dengan metode Importance Performance Index (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan dari pasien umum pada rawat inap RUMKITDIK. Hasil penelitian dengan menggunakan kuesioner yang masing-masing terdiri dari 37 atribut dalam sepuluh dimensi kualitas jasa terdapat tujuh atribut yang menjadiprioritas utama, yaitu : (1) Penerimaan hasil pemeriksaan secara cepat dan tepat, (2) Dokter dan perawat memberikan reaksi yang cepat dan tanggap terhadap keluhan pasien, (3) Kesiagaan petugas kesehatan membantu pasien, (4) Perawat melayani pasien dengan sabar, (5) Petugas pendaftaran melayani pasien dengan cepat dan tepat, (6) Kemudahan untuk menebus obat dengan harga terjangkau, dan (7) Memberikan perhatian secara khusus kepada setiap pasien. Diketahui bahwa nilai CSI sebesar 76,07%. Nilai tersebut berada pada interval nilai 0,66 -0,80 yang berarti pengunjung merasa “Puas” terhadap pelayanan RUMKITDIK Kramat Jati, Jakarta Timur.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72431
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H14ima.pdf
  Restricted Access
Full Text1.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.